Logo Program Excel.png

DOWNLOAD APLIKASI AKUNTANSI EXCEL PROGRAM SIAP PAKAI

Untuk Anda yang sedang pusing membuat Laporan Keuangan Manual Perusahaan ..

Dapatkan Aplikasi Akuntansi Excel 3x Lebih Praktis tanpa Biaya Bulanan!

Sudah 1350+ Perusahaan yang telah merasakan manfaatnya. Sekarang giliran Anda!
PAKET 11 New.png

BAGAIMANA CARA KERJA PROGRAM EXCEL ?

BUKU BESAR

Buku Besar.gif

LABA RUGI

LABA RUGI 1.png
LABA RUGI 2.png
Aplikasi Akuntansi Laporan Keuangan Excel - Laba Rugi

NERACA

NERACA 1.png
NERACA 2.png
NERACA 3.png
Aplikasi Akuntansi Laporan Keuangan Excel - Neraca
Testimoni 1.jpeg
Testimoni 2.jpeg
Testimoni 3.jpeg
Testimoni 4.jpeg
Testimoni 5.jpeg

Segera Klik Tombol Download diatas ini Untuk Mendapatkan Aplikasi Akuntansi Excel Laporan Keuangan Otomatis. Sebelum ditutup!

Aplikasi akuntansi ini untuk membuat laporan keuangan otomatis, aplikasi pembukuan keuangan sederhana dan template laporan keuangan sederhana excel yang siap pakai. Cocok digunakan untuk akuntansi Jasa, akuntansi Dagang dan akuntansi Manufaktur. Tersedia juga program stok barang atau aplikasi persediaan barang.

 

Setelah Anda berhasil download software akuntansi excel ini, Anda bisa langsung menggunakannya tanpa perlu install apapun, sebab aplikasi akuntansi excel ini murni rumus fungsi excel.

Pada program akuntansi excel ini tersedia diantaranya contoh pembukuan toko dengan excel, contoh pembukuan keuangan sederhana, contoh laporan keuangan excel, contoh pembukuan pengeluaran dan pemasukan, contoh laporan keuangan perusahaan dagang excel, aplikasi akuntansi excel perusahaan jasa, dagang dan manufaktur. Serta contoh pembukuan akuntansi sederhana. Jadi Anda bisa dapatkan banyak manfaat dari sini.

Nah, setelah itu mari kita bahas bagaimana cara membuat pembukuan keuangan dengan software akuntansi excel ini. Berikut ini adalah tampilan salah satu sheet lembar kerja yaitu buku besar dimana tertera contoh pembukuan sederhana dengan excel. Perhatikan gambar contoh pembukuan sederhana excel di bawah ini.

Buku Besar.gif

Baiklah, untuk langkah awal membuat pembukuan dengan excel, mari kita buka sheet HOME yang ada di paling kiri dari menu sheet aplikasi pembukuan keuangan yang baru saja kita download. Berikut ini adalah tampilan dari yang kita download aplikasi akuntansi excel gratis. Di paling atas isi dengan nama usaha atau badan usaha Anda, kemudian dibawahnya isi dengan periode akuntansi. Periode ini bisa bulanan, periode 3 bulanan, periode 6 bulanan dan bisa juga periode tahunan. Bebas pilih. Dibawahnya lagi ada menu lembar kerja, jika di klik maka akan langsung mengarah pada sheet lembar kerja yang dituju.

HOME.png

Setelah sheet HOME sudah lengkap diisi maka selanjutnya kita akan membuat daftar kode akun atau CoA pada software pembukuan ini. Dibawah ini bisa kita lihat ada beberapa kolom yaitu kode akun, nama akun, pos saldo, pos laporan, dan saldo awal yang harus diisi terlebih dahulu. Isi kolom kode akun dengan nomor perkiraan, isi kolom nama akun dengan nama pos akun, kolom pos saldo diisi dengan debet atau kredit, kolom pos laporan diisi dengan neraca atau laba rugi. Untuk kolom saldo awal silahkan diisi dengan saldo awal masing-masing nama akun sesuai dengan kenyataan yang terjadi di perusahaan.

1 Daftar Kode Akun.png

Sekarang kita beralih ke sheet Daftar Hutang Piutang pada software akuntansi excel ini. Fungsi utama dari sheet daftar hutang piutang adalah untuk mencatat daftar piutang dan hutang yang ada di perusahaan. Jika dalam usaha tidak terjadi hutang dan piutang maka sheet ini boleh dikosongkan.

Daftar hutang piutang ini terdiri dari, kolom kode hutang piutang, kolom nama diisi dengan nama toko/customer yang ada piutangnya dan diisi juga dengan nama supplier tempat kita berhutang. Kolom saldo awal diisi dengan sisa hutang atau sisa piutang. Berikut ini tampilan daftar hutang piutang pembukuan dengan excel.

2A Hutang Piutang.png
2B Hutang Piutang.png

Berikut ini adalah tampilan dari tabel penyusutan aktiva tetap (amortisasi). Disini Anda cukup memasukkan data tanggal perolehan barang, umur ekonomis dan nilai residu suatu barang. Maka secara otomatis perhitungan penyusutan akan muncul.

3 Penyusutan.png

Selanjutnya, mari kita pindah ke sheet jurnal umum pada contoh pembukuan excel ini.

Jurnal umum adalah tempat untuk memasukkan semua transaksi usaha. Termasuk transaksi buku kas, penjualan dan pembelian.

Pada jurnal umum ada kolom tanggal, bukti transaksi, keterangan (transaksi), pos akun, nama hutang atau piutang (boleh dikosongkan), tanggal jatuh tempo pembayaran dan debet kredit untuk mengisi nominalnya.

Isi jurnal umum di kolom yang berwarna putih, yang berwarna kebiruan tidak perlu diisi karena sudah ada rumusnya dan akan muncul otomatis. Perhatikan gambar jurnal umum berikut ini.

4 Jurnal Umum.png

Setelah jurnal umum berhasil kita isi dengan transaksi usaha di dalam perusahaan maka sheet buku besar akan terisi otomatis tanpa harus diinput manual.

Nah.. disinilah kelebihannya aplikasi akuntansi excel program siap pakai. Buku besar terisi otomatis semua nama akun yang tercatat di sheet kode akun. Buku besar merangkum semua mutasi dari setiap transaksi yang diinput di Jurnal Umum. 

Untuk mengganti nama akun, cukup klik dan ganti kode akun maka mutasi dari sebuah akun akan muncul otomatis di buku besar ini. Nama akun pada buku besar bisa dipilih melalui dropdown list dan diganti sesuai keperluan. Berikut ini adalah tampilan buku besar program laporan keuangan siap pakai.

5 Buku Besar.gif

HARGA POKOK PENJUALAN

( HPP)

HPP.png

HARGA POKOK PRODUKSI

( HPP)

HPP 1.png
HPP 2.png
HPP 3.png

Kemudian kita beralih ke sheet Neraca Lajur pada software akuntansi full version ini. Ini adalah tampilan dari lembar kerja neraca lajur. 

Neraca lajur adalah salah satu laporan keuangan yang bermanfaat untuk memantau kondisi aset perusahaan. Semua kolom pada neraca lajur akan muncul otomatis 100% ketika jurnal umum sudah diinput, jadi tidak perlu input manual kembali. Neraca lajur langsung update ketika Anda menginput transaksi baru.

Perhatikan contoh laporan keuangan excel sederhana di bawah ini.

8 Neraca Lajur.png

LABA RUGI

LABA RUGI 1.png
LABA RUGI 2.png
Aplikasi Akuntansi Laporan Keuangan Excel - Laba Rugi

NERACA

NERACA 1.png
NERACA 2.png
NERACA 3.png
Aplikasi Akuntansi Laporan Keuangan Excel - Neraca

Sekarang kita lanjut ke sheet Buku Besar Pembantu Hutang Piutang. Buku Besar Pembantu Hutang Piutang ini membantu Anda untuk mengetahui informasi tentang mutasi hutang piutang usaha Anda. Pada sheet ini semuanya sudah otomatis, Anda cukup pilih nama customer dan nama supplier melalui dropdown list di kolom Nama. Maka secara otomatis mutasi masuk keluar serta saldo hutang piutang per nama customer dan supplier akan muncul. 

12 Buku Besar Hutang Piutang.gif

Sheet selanjutnya adalaha tabel Jatuh Tempo Pembayaran. Jatuh tempo pembayaran sangat berguna buat usaha Anda yang berhubungan dengan hutang dan piutang. Sekarang Anda tidak perlu khawatir kelupaan lagi dengan masing-masing jatuh tempo pembayaran, karena semuanya akan diinformasikan kepada Anda.

Sebagai pelengkap informasi tentang hutang dan piutang untuk Anda, program akuntansi excel untuk membuat laporan keuangan siap saji ini dilengkapi juga dengan fitur tabel Laporan Total  Piutang dan Laporan Total Hutang. Jadi Anda dapat dengan mudah mengetahui informasi hutang piutang usaha Anda secara total di dalam 1 tabel ini. Sangat simple bukan? Silahkan perhatikan contoh laporan hutang piutang dibawah ini.

14 Laporan Piutang.png
15 Laporan Hutang.png
Keyboard and Mouse

SUDAH 1300+ PERUSAHAAN YANG MERASAKAN KEMUDAHAN

PROGRAM EXCEL

SEKARANG GILIRAN ANDA!