3 Kunci Penentu Kesuksesan Investasi Properti

Updated: Apr 24

Jika Anda berniat untuk melakukan investasi properti seperti apartemen atau rumah maka Anda perlu mempertimbangkan 3 syarat penentu kesuksesan investasi properti seperti yang akan dijelaskan berikut ini. 3 syarat itu adalah HARGA, LOKASI serta LEGALITAS DAN RENCANA PEMERINTAH. Mari kita mulai.


HARGA

Bukan rahasia lagi jika harga tanah tiap tahunnya selalu meningkat, inilah yang menjadi keuntungan jika kamu memilih untuk investasi properti. Harga tanah atau harga properti makin tahun makin naik atau meningkat, kenapa hal ini bisa terjadi?


Hal ini bisa terjadi karena permintaan semakin meningkat namun kebutuhan semakin menurun. Bahkan jika kamu tahu, kenaikan harga dari properti ini melebihi inflasi. Oleh karena itu tidak ada istilah rugi ketika kamu menginvestasikan dana yang kamu miliki pada bidang properti.

Yang ada kamu akan semakin mendapatkan keuntungan karena harga properti yang kian tahun kian meningkat.

Kunci Investasi Properti

LOKASI

Lokasi adalah faktor yang sangat penting yang membuat investasi properti Anda diminati atau tidak oleh konsumen. Dalam membangun bisnis properti sebaiknya pilih lokasi yang mudah terjangkau dan terkontrol oleh Anda.


Hal ini penting untuk pengawasan pekerjaan proyek. Jika Anda membeli sebidang tanah yang jauh dari pengawasan Anda maka carilah orang yang dapat Anda percaya untuk mengawasinya.


Pilihlah lokasi yang strategis. Ciri-ciri lokasi strategis harus perhatikanlah akses jalan. Jangan membeli rumah atau tanah yang memiliki akses jalan yang buruk karena akan sulit berkembang. Selain akses jalan, perhatikankah sumber air, karena air adalah kebutuhan yang utama.

Pastikan juga apakah lokasi tersebut bebas banjir. Untuk memastikan bebas banjir atau tidak sebaiknya datang langsung ke lokasi pada saat musim hujan.


PERENCANAAN PEMERINTAH DAN LEGALITAS HUKUM

Dalam melakukan investasi Anda perlu memperhatikan status hukum tanah tersebut. Maka dari itu sebaiknya segera konsultasikan dengan pihak pejabat pembuat akta tanah atau notaris yang akan membantu Anda dalam hal pengecekan status hukumnya.


Jika properti tersebut adalah rumah, maka pastikanlah surat-surat atau sertifikatnya lengkap. Jangan ketinggalan, pastikan pula rencana pemerintah daerah terhadap daerah tempat properti Anda berada tersebut. Informasi mengenai perencanaan pemerintah daerah bisa Anda dapatkan melalui dinas tata kota di daerah tersebut.


Disamping ketiga hal penting yang telah dijelaskan diatas, ada hal lain yang juga perlu dipertimbangkan yaitu bentuk tanah, kondisi tanah, lokasi tanah, luas tanah, permukaan tanah, jalan pembuangan air, sisi yang menghadap jalan, kondisi lingkungan sekitar, kontur tanah dan daya pandang.


Laporan Keuangan Excel


#Membangunusahabisnisproperti #bisnisusahaproperti #tipssuksesbisnisproperti #bisnissewaproperti #InvestasiProperti #bisnisproperti

4 views0 comments