CONTOH JURNAL AKUNTANSI DASAR PADA PERUSAHAAN

Updated: Mar 27



Setiap usaha pasti memiliki transaksi-transaksi usaha yang bertujuan untuk menghasilkan uang. Apapun jenis usahanya, baik itu usaha di bidang jasa, usaha perdagangan maupun usaha produksi barang yang memiliki stok barang dagangan.


Setiap transaksi jalannya uang masuk dan keluar uang sebaiknya dicatat dan dibukukan untuk dijadikan laporan keuangan usaha. Proses pencatatan pembukuan usaha berada di jurnal umum. Anda dapat melakukan pencatatan jurnal umum secara manual namun kendalanya Anda harus meluangkan lebih banyak waktu dan pikiran untuk itu.


Jika Anda tidak mau pusing dan mengeluarkan banyak waktu serta pikiran untuk membuat jurnal akuntansi dasar maka Anda bisa menggunakan aplikasi akuntansi excel siap pakai untuk membuat jurnal akuntansi dasar.


Cara penggunaannya sangat mudah dan simple. Ada video tutorialnya untuk menjurnal transaksi step by step dari awal hingga menjadi laporan keuangan. Tentunya ini sangat berguna untuk kemajuan usaha Anda. Lalu bagaimanakah membuat jurnal akuntansi dasar dengan menggunakan format jurnal umum excel? Mari kita simak dulu video di bawah ini.



Beberapa mekanisme debet kredit yaitu jika aktiva bertambah di debet dan berkurang di kredit. Utang bertambah di kredit dan berkurang di debet. Modal bertambah di kredit dan berkurang di debit. Pendapatan bertambah di kredit dan beban bertambah di debet. Pinjaman pribadi bertambah di debet dan berkurang di kredit.


Jurnal umum sebagai tempat yang berfungsi untuk mencatat segala transaksi keuangan, jurnal sangat diperlukan untuk mengetahui sampai sejauh mana transaksi keuangan yang dilakukan. Ada beberapa jenis jurnal yang biasanya sering digunakan dalam pencatatan akuntansi diantaranya, jurnal umum, dan jurnal khusus.


Sedangkan untuk jurnal khusus dibagi lagi kedalam beberapa bagian diantaranya, jurnal pembelian, jurnal penjualan, jurnal penerimaan kas dan jurnal pengeluaran kas.


Disini Anda sudah bisa mendapatkan pelajaran untuk membuat contoh jurnal akuntansi dasar pada perusahaan Anda. Masing-masing transaksi memiliki perlakuan yang berbeda satu dengan lainnya. Satu satunya jalan Anda harus banyak berlatih menjurnal dengan contoh-contoh soal yang ada di perusahaan.




Jika Anda benar-benar hanya ingin membuat laporan keuangan tanpa ingin bersusah payah belajar menjurnal, maka lebih baik Anda menggunakan jasa akuntan professional freelance. Anda cukup menyiapkan data-data transaksi usaha kemudian memberikannya ke akuntan professional. Anda juga bebas berkonsultasi masalah jurnal keuangan dengannya.


Namun jika Anda ingin membuat jurnal akuntansi dasar sendiri dan mendalaminya, maka lebih baik Anda download format jurnal umum excel di bawah ini. Program akuntansi excel ini merupakan format laporan keuangan excel siap pakai.


Mengapa ini di rekomendasikan untuk Anda, karena template akuntansi excel ini sangat mudah input jurnal umumnya dan serba otomatis untuk membuat laporan keuangan. Bisa Anda modifikasi sesuai kebutuhan usaha dan ada video tutorial step by step dari awal hingga menjadi laporan keuangan. Dan jika dalam pemakaiannya Anda menemukan kendala, tersedia customer service yang siap melayani Anda. Hanya cukup investasi 1x pembelian bisa dipakai untuk seterusnya tanpa batasan waktu pemakaian.


DOWNLOAD FORMAT JURNAL UMUM EXCEL DAN NIKMATI KEMUDAHANNYA!



11 views0 comments