INILAH DIA CONTOH PEMBUKUAN SEDERHANA USAHA KECIL YANG MUDAH DILAKUKAN

Updated: Apr 3

Ada cukup banyak contoh pembukuan sederhana usaha kecil yang seringkali ditampikan. Akan tetapi, tidak semua dari contoh itu dapat dengan mudah dipraktikkan.


Berbagai variabel untuk membuat penghitungan yang cermat dan tepat dalam pembukuan akuntansi seringkali berujung dengan kebingungan.


Lantas, bagaimanakah cara membuat pembukuan akuntansi yang mudah untuk dilakukan? Simak ulasannya berikut ini.



Cara Membuat dan Contoh Pembukuan Sederhana Usaha Kecil yang Ideal dan Mudah


Pembukuan sederhana usaha kecil dalam suatu usaha baik mikro atau pun makro sangat dibutuhkan. Pembukuan harian dalam keuangan baik input dan output dari perusahaan tersebut akan terjadi setiap hari.


Adanya pembukuan penjualan ini sangat memperjelas sistem keuangan suatu usaha sehingga pengusaha tersebut dapat mengontrol keuangan yang ada di dalam usahanya.


Dalam cara membuat pembukuan keuangan, setidaknya ada beberapa hal yang harus anda ketahui. Beberapa hal tersebut adalah sebagai berikut

  1. Petty Cash Reconciliation atau pencatatan uang modal untuk perputaran usaha pada hari tersebut

  2. Kartu Stok Barang yang sangat berguna dalam memonitor posisi stok suatu jenis dalam setiap harinya.

  3. Laporan Arus Kas Harian (per hari).

  4. Sistem Pengkodean Barang (pengaturan kode, sehingga prosesnya cepat diselesaikan)

  5. Alur Pencatatan Kasir (alur kerja pencatatan yang biasa dilakukan oleh kasir),

  6. Pelayanan Konsumen (tahapan pelayanan terhadap konsumen dan pencatatan transaksi yang terjadi).

Tentu dibutuhkan waktu dan upaya yang lebih banyak untuk menyelesaikan hal tersebut hingga bisa dikonversi menjadi laporan keuangan yang mudah dipahami.


Tanpa pengetahuan dan pengalaman mengenai akuntansi, sudah jelas prosesnya akan sangat rumit dan mungkin membingungkan bagi beberapa orang.


Lalu, bagaimanakah solusinya?



Pembukuan Sederhana Excel Menggunakan Program Akuntansi Excel



Jawaban dari kompleksitas pembukuan keuangan yang harus memperhatikan begitu banyak hal seperti yang telah disampaikan di atas, sebenarnya sederhana saja. Anda hanya membutuhkan sebuah sofware akuntansi untuk melakukannya.


Akan tetapi, software akuntansi pun ada ratusan banyaknya. Lantas, manakah yang paling direkomendasikan untuk Anda gunakan untuk memudahkan pekerjaan anda dalam menyusun pembukuan akuntansi yang tepat?


Nah, Accounting Excel atau AccEx  adalah solusi yang paling efektif untuk hal ini. Software satu ini tidak hanya mampu menyelesaikan pekerjaan pembukuan keuangan yang anda lakukan, namun juga membuat semua proses pembukuan sederhana dengan excel menjadi lebih mudah dan lebih praktis.



Berbagai Keunggulan Software AccEx Sebagai Program Pembukuan Akuntansi





Sebagai sebuah program unggulan untuk membuat beragam contoh laporan keuangan sederhana usaha kecil yang mudah dilakukan, AccEx tentu saja memiliki banyak keunggulan.


Berbagai keunggulan tersebut antara lain adalah;



Harga Aplikasi yang Lebih Terjangkau


Dibandingkan produksi akuntansi sejenis, software akuntansi siap pakai dari AccEx tentu saja lebih hemat dari sisi harga. Hanya dengan mengeluarkan sedikit uang, anda dapat melakukan penghematan yang banyak untuk usaha anda.



Dapat Dioperasikan di Berbagai Komputer


Keistimewaan selanjutnya dari aplikasi akuntansi siap pakai berbasis excel yang dimilikinya adalah bisa digunakan di berbagai jenis komputer. Karena platform-nya adalah excel yang sudah sangat familiar, maka anda bisa menempatkan program ini pada berbagai komputer yang anda miliki.



Sangat Mudah Dipraktikkan


Hanya dengan mengamati dan mempelajari video tutorial yang sudah disediakan, dengan mudah anda akan langsung bisa menggunakan aplikasi tersebut.


Berbagai instruksi dan penggunaan yang disediakan, dimuat secara ringkas, sederhana, dan juga sangat gampang untuk dimengerti.



Lisensi Berlaku Seumur Hidup


Aplikasi akuntansi excel dengan model pengoperasian seperti membuat contoh laporan keuangan sederhana toko kecil dan menengah dengan contoh di atas, penggunaanya tidak memiliki batas waktu.


Hal ini tentu saja dapat membantu anda dalam menghemat pengeluaran terkait lisensi aplikasi. Dan tentu saja pada prosesnya dapat pula meningkatkan nilai efisiensi operasional usaha yang anda miliki.



Dapat Dimodifikasi Sesuai Kebutuhan


Nama akun, angka-angka, jumlah kolom, dan lain sebagainya dalam akuntansi excel siap pakai dari Aplikasi Akuntansi Excel dapat anda ubah sesuai dengan kebutuhan yang anda miliki.


Proses modifikasi aplikasi ini pun dapat dengan mudah anda lakukan karena sistem pengoperasiannya sendiri berbasis excel yang tentunya sudah akrab dengan keseharian anda.



Dapat Dicoba Secara Gratis Sebelum Anda Membelinya


Seperti beberapa gambar dan contoh yang telah diuraikan sebelumnya, anda juga bisa membuat contoh laporan keuangan usaha kue, warung bakso, dan lain sebagainya menggunakan Software ini.


Dan untuk memperkenalkan anda dengan program sistematis ini, ada masa trial gratis selama satu pekan yang aplikasinya sudah anda download pada awal awal artikel ini tadi.



Step by Step Membuat Contoh Pembukuan Usaha Kecil Harian yang Sederhana


Selanjutnya, bagaimanakah tahapan-tahapan dalam membuat laporan keuangan harian untuk usaha kecil? Mari simak langkah demi langkahnya berikut ini.


Namun sebelum Anda dapat memulainya, Anda sebaiknya mendownload aplikasi AccEx versi gratis berikut ini. Dengan software aplikasi akuntansi yang sederhana dan mudah digunakan ini, proses pembukuan akan menjadi lebih menyenangkan untuk dikerjakan.



DOWNLOAD SOFTWARE APLIKASI GRATIS BERBASIS EXCEL UNTUK MEMBUAT PEMBUKUAN SEDERHANA USAHA KECIL



Setelah download aplikasi penjualan excel gratis berhasil dilakukan, sekarang silahkan dibuka aplikasi pembukuan keuangannya, kemudian pilih sheet Jurnal Umum.



Isi Sheet Jurnal Umum


Pada sheet Jurnal Umum ini, silahkan diisi dengan berbagai transaksi usaha yang terjadi. POS AKUN bisa dipilih melalui dropdown list, jika KODE AKUN sudah tersedia. Perhatikan contoh pembukuan excel di bawah ini.




Isi Kolom Hutang Piutang


Kolom hutang piutang pada software akuntansi excel juga bisa dipilih melalui dropdown list, jika daftar Hutang dan daftar Piutang sudah tersedia. Kolom hutang piutang sendiri digunakan untuk mencatat mutasi hutang dan piutang.


Kolom ini boleh dikosongkan jika tidak diperlukan. Perhatikan contoh pembukuan sederhana excel berikut ini.




Buku Besar


Setelah beberapa transaksi sudah berhasil kita masukkan, mari kita lihat sheet Buku Besar pada contoh pembukuan keuangan sederhana ini.


Buku Besar ini merekam semua transaksi yang terjadi pada setiap Nama Akun yang ada di Kode Akun. Silahkan dipilih Nama Akun yang ingin dilihat mutasinya, seperti gambar pembukuan dengan excel dibawah ini.



Beberapa Contoh Tampilan Transaksi dan Pencatatan dalam Aplikasi Akuntansi Siap Pakai


Ada banyak hal yang akan membuat Software akuntansi semakin nyaman untuk anda gunakan. Salah satu misalnya adalah, bahwa nama akun dari aplikasi pembukuan excel ini bisa diganti-ganti dan dipilih sesuai dengan kebutuhan anda.


Tampilan Jurnal Umum


Berikut ini adalah contoh pembukuan sederhana excel pada jurnal umum setelah semua transaksi penjualan dan pembelian di posting. Tampilan yang komprehensif akan memudahkan anda untuk memantau semua transaksi yang telah terjadi di perusahaan anda secara lebih sederhana dan sistematis.



Tampilan Persediaan Barang


Pada tampilan nama akun persediaan barang, anda juga dapat melihat semua transaksi yang terjadi dan pengaruhnya dengan persediaan barang pada perusahaan anda miliki. Baik transaksional yang sifatnya pembelian, penjualan, retur atau yang lainnya, semua akan ditampilkan secara lengkap dan mudah dibaca dalam tampilan aplikasi ini.



Tampilan Hutang Dagang


Selanjutnya, berikut adalah contoh pembukuan sederhana laporan keuangan usaha kecil xls pada buku besar dengan nama akun hutang dagang. Pada tampilan ini, semua transaksi yang berkaitan dengan hutang dagang akan dimunculkan secara otomatis.



Tampilan Akun Piutang Dagang


Di bawah ini adalah contoh tampilan buku besar nama akun salah satu piutang yang bisa digunakan untuk pembukuan sederhana menggunakan excel. Transaksi yang terjadi pada bank tersebut berupa pembayaran piutang dan lain sebagainya, akan di-record secara sistematis pada bagian ini. Coba perhatikan gambar di bawah ini :



Tampilan Mutasi Piutang Dagang


Di bawah ini adalah contoh tampilan buku besar pembantu piutang dagang yang dapat dijadikan contoh pembukuan harian menggunakan aplikasi akuntansi excel program siap pakai. Perhatikan bagaimana mudah dan simpelnya pembukuan keuangan usaha menggunakan aplikasi ini.




Nah, bagaimana sekarang, mudah sekali bukan untuk membuat contoh pembukuan sederhana usaha kecil menggunakan Software akuntansi excel.


Efisiensi dan efektifitas Software ini akan membantu Anda untuk lebih hemat tenaga, pikiran, waktu, dan juga tentu saja; hemat biaya.


Selamat mencoba!

COBA GRATIS PROGRAM PEMBUKUAN SEDERHANA EXCEL UNTUK MENGHEMAT 90% WAKTU ANDA





#FormatBukuKasUmum #ProgramAplikasiAkuntansiExcel

15 views0 comments

ProgramExcel.ID

Jl. Manunggal Pratama No.8 Kelurahan Cipinang Melayu Kecamatan Makasar Jakarta Timur.

Jakarta - Indonesia, 13620.

Email : admin@programexcel.id

Call / WA : 0852 1355 6300

Tentang Kami

  • Facebook
  • Instagram
  • YouTube
This site was designed with the
.com
website builder. Create your website today.
Start Now