MEMBUAT CONTOH PEMBUKUAN KEUANGAN PERUSAHAAN

Updated: Mar 26



Pembukuan keuangan perusahaan tentunya sangat penting bagi setiap perusahaan, besar atau kecil. Apabila kita berkunjung ke perusahaan yang besar dipastikan mereka semua mempunyai pembukuan keuangan perusahaan mereka baik tahun ini maupun tahun sebelumnya untuk mengetahui perkembangan dan kemajuan perusahaan yang sedang mereka jalani.


Seperti contoh pembukuan keuangan perusahaan yang perlu Anda tahu mereka selalu memiliki data laporan cash flow (aliran kas), laporan laba dan rugi, laporan beban perusahaan mereka (seperti gaji karyawan, pajak yang mereka tanggung), neraca dan terakhir mereka membuat pembukuan di akhir tahun.


Namun tidak demikian dengan perusahaan yang berskala kecil, terkadang mereka masing menganggap hal tersebut tidak penting untuk di perhatikan apalagi menyiapkan budget untuk membuat aplikasi pembukuan keuangan excel.


Alasan yang paling umum adalah karena membuat format laporan keuangan sederhana cukup rumit dan pastinya memakan banyak waktu dan tenaga. Karyawan seorang ahli akuntansi pun belum tentu sanggup untuk mengambil tanggungjawab yang tidak kecil ini. Padahal sekarang sudah banyak aplikasi pembukuan keuangan sederhana excel yang siap pakai bisa otomatis untuk membuat laporan keuangan usaha. Contohnya seperti Program Excel ini.


COBA GRATIS APLIKASI PEMBUKUAN KEUANGAN EXCEL DISINI SEKARANG!



Apa itu Program Excel ? Program excel adalah aplikasi laporan keuangan excel siap pakai ini. Anda akan terbebas dari rutinitas yang menjemukan untuk membuat laporan keuangan manual. Semuanya serta otomatis jadi Anda tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga untuk membuat laporan keuangan. Mari kita bahas cara membuat contoh pembukuan keuangan perusahaan berikut ini.



Aplikasi pembuat laporan keuangan ini sudah menyediakan menu dan fitur yang lengkap dan semuanya berguna untuk usaha Anda. Langkah awal adalah menyiapkan kode akun dan nama akun. Kode akun bisa disesuaikan untuk setiap perusahaan dan bisa di modifikasi sesuai dengan kebutuhan. Tampilan kode akun dari aplikasi excel akuntansi seperti berikut ini.



Selanjutnya Anda akan memasukkan semua transaksi usaha ke dalam tabel jurnal umum. Semua pengeluaran dan pemasukan masuk ke dalam jurnal umum. Cara inputnya sangat mudah karena tinggal mengikuti petunjuk dari tabel dan bisa juga mengikuti contoh dari yang telah di berikan. Juga ada video tutroalnya step by step dari awal hingga menjadi laporan keuangan. Berikut ini adalah tampilan jurnal umum dari aplikasi akuntansi excel full version.



Setelah semua transaksi usaha sudah diinput di jurnal umum seperti diatas, maka Anda akan mendapatkan buku besar otomatis yang sudah terisi mutasinya per masing-masing nama / kode akun.


Buku besar otomatis ini cukup 1 sheet bisa menampilkan semua kode akun dan nama akun beserta mutasinya, saldo awal dan saldo akhirnya secara real time. Jadi tidak ada celah human error disini.


Sangat memudahkan dan sangat menghemat banyak waktu Anda dibanding membuat aplikasi excell untuk laporan keuangan secara manual. Untuk lebih jelasnya, berikut ini ditampilkan buku besar excel download.



Selanjutnya adalah yang paling penting yaitu format neraca keuangan excel. Laporan keuangan yang wajib yaitu neraca lajur, neraca dan laba rugi. Pertama adalah neraca lajur. Neraca lajur pada pembukuan keuangan excel ini sepenuhnya otomatis 100%. Tidak perlu ada input manual apapun disini. Berikut ini kita lihat dulu neraca lajur dari pembukuan sederhana excel.



Pembukuan keuangan usaha berikutnya adalah Laporan Laba Rugi. Laba rugi menampilkan semua jumlah pemasukan atau pendapatan usaha di kurangi dengan pengeluaran usaha, biasanya disebut dengan biaya dan beban usaha. Hasilnya adalah laba usaha atau bisa jadi rugi usaha. Semua perhitungan laporan pembukuan keuangan excel laba rugi ini akan ditampilkan otomatis 100%. Tidak perlu ada perhitungan manual lagi. Berikut ini contoh laporan laba rugi excel.




Kemudian berikut ini adalah neraca yang menampilkan posisi harga suatu perusahaan. Ini adalah contoh neraca dari laporan keuangan perusahaan excel.




Nah, tentu saja Anda merasa sangat terbantu dengan aplikasi pembuat laporan keuangan ini kan? Bagaimana tidak, hanya dengan input transaksi setelah itu laporan keuangan dan buku besar otomatis tersaji realtime. Anda tidak akan membuang banyak waktu dan tenaga lagi hanya untuk menyajikan laporan keuangan perusahaan Anda. Waktu dan tenaga Anda bisa Anda gunakan untuk memikirkan kemajuan perusahaan.


Untuk download aplikasi akuntansi excel full version ini, silahkan kunjungi link di bawah ini. Jika Anda masih ingin mencoba-coba sendiri lebih lanjut dan benar-benar ingin memahaminya dulu sebelum membeli, silahkan download versi trial dari pembukuan sederhana excel ini. Jika nanti dalam penggunaan aplikasi akuntansi ini ada kendala, jangan khawatir karena tersedia customer service yang siap membantu Anda.



DOWNLOAD COBA GRATIS PEMBUKUAN KEUANGAN PERUSAHAAN DISINI!

68 views0 comments