MEMBUAT FORMAT LAPORAN KEUANGAN SEDERHANA

Updated: Mar 26




Membuat format laporan keuangan sederhana sebenarnya tidaklah sesulit yang kita bayangkan. Asalkan kita mengetahui pokok-pokok apa saja yang harus di sajikan, maka kita bisa membuatnya dengan mudah. Berikut ini mari kita bahas apa saja point-point penting dalam membuat format laporan keuangan sederhana berbasis excel yang cocok di gunakan untuk usaha kecil dan menengah (UMKM).


Secara resmi ada 5 jenis laporan keuangan sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan (SAK) yang berlaku di Indonesia bahkan berlaku juga secara internasional. Apa sajakah itu?

  1. Laporan Laba Rugi

  2. Neraca

  3. Laporan Perubahan Modal

  4. Laporan Arus Kas

  5. Catatan Atas Laporan Keuangan (CALK)

Baiklah sekarang mari kita mulai pembahasannya mengenai cara membuat format laporan keuangan sederhana. Untuk usaha skala kecil dan menengah lebih baik Anda menggunakan program excel untuk akuntansi dalam membuat laporan keuangan sederhana. Jangan sampai Anda melakukan pembukuannya secara manual. Itu akan sangat menyita banyak waktu dan tenaga Anda yang seharusnya bisa Anda gunakan untuk melejitkan omset dan pemasukan, sayang sekali bukan?



Mengapa harus memakai format laporan keuangan excel? Karena dengan memakai excel Anda bebas untuk meyesuaikan tampilan dan akun-akun yang dibutuhkan oleh usaha Anda. Anda juga nantinya bebas menambah pos-pos akun seiring dengan pertumbuhan usaha.


Kita akan mulai dari Laporan Laba rugi. Laporan laba rugi bisa dibuat untuk periode 1 bulanan, 1 tahunan. Laporan laba rugi disebut juga konsep perbandingan, pengaitan atau bisa disebut juga pemadanan antara pemasukan dan pengeluaran yang terjadi di perusahaan. Contoh format laporan keuangan Laba Rugi bisa Anda lihat di bawah ini.


Jika Anda menggunakan form laporan keuangan dagang excel ini maka Anda akan mendapatkan Laporan Laba Rugi yang sudah otomatis 100% tanpa campur tangan Anda lagi. Anda hanya cukup memasukkan data-data transaksi usaha ke jurnal umum kemudian laporan keuangan sederhana ini menjadi otomatis. Berikut ini adalah tampilan dari jurnal umum pada laporan keuangan sederhana excel.



Setelah memasukkan semua data-data transaksi ke jurnal umum, maka buku besar otomatis akan terisi di setiap nama dan kode akunnya. Anda tidak perlu input satu per satu di buku besar karena semuanya sudah terhitung di template excel laporan keuangan jasa. Berikut ini adalah tampilan buku besar pada program akuntansi excel.


Nah, bagaimana menurut Anda mengenai aplikasi laporan keuangan excel ini? Tentunya sangat berguna untuk Anda bukan? Karena untuk membuat format laporan keuangan manufaktur sederhana dibutuhkan software yang dapat meringankan pekerjaan Anda.


Program akuntansi dan stok barang excel ini juga dilengkapi dengan bonus-bonus program bisnis berbasis excel yang sngat berguna untuk menunjang kemajuan bisnis Anda. Salah satunya adalah bonus invoice penjualan, billing statement dan masih banyak lagi. Untuk melihat bonus-bonusnya silahkan kunjungi link di bawah ini.



CEK TAMPILAN BONUS-BONUS PROGRAM EXCEL DISINI!





Format laporan keuangan excel ini mempunyai banyak keunggulan yaitu harganya lebih terjangkau, hanya cukup 1x pembelian bisa dipakai seterusnya tanap batasan waktu. Bisa digunakan di banyak komputer tanpa harus memiliki lisensi tambahan. Serta bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan usaha (customize). Jika ada masih ingin mendalaminya lebih lanjut silahkan klik saja link di bawah ini untuk mencoba file trialnya.



MEMBUAT FORMAT LAPORAN KEUANGAN SEDERHANA TIDAK PERNAH SEMUDAH INI!




8 views0 comments

ProgramExcel.ID

Jl. Manunggal Pratama No.8 Kelurahan Cipinang Melayu Kecamatan Makasar Jakarta Timur.

Jakarta - Indonesia, 13620.

Email : admin@programexcel.id

Call / WA : 0852 1355 6300

Tentang Kami

  • Facebook
  • Instagram
  • YouTube
This site was designed with the
.com
website builder. Create your website today.
Start Now