top of page

Apakah Pengertian dari Pangsa Pasar?

Diperbarui: 7 Apr 2021



Pernah mendengar istilah pangsa pasar? Istilah ini dekat dengan dunia bisnis atau pemasaran. Pangsa pasar kadang disebut juga dengan market segment atau segmen pasar.


Pangsa pasar dapat diartikan sebagai gambaran pasar yaitu semua penjual serta pembeli yang terlibat dalam transaksi terhadap produk yang kita tawarkan. Transaksi potensial perusahaan akan dapat terlaksana dengan baik jika memenuhi kondisi-kondisi berikut, yaitu:

  1. Ada 2 pihak atau lebih.

  2. Masing-masing mempunyai produk yang akan ditawarkan untuk pihak lain.

  3. Masing-masing dapat berkomunikasi dengan lancar serta mengutarakan keinginannya.

  4. Para pihak dapat secara bebas menerima ataupun menolak penawaran pihak lain.

Pangsa pasar dapat diklasifikasikan berdasarkan kawasan geografis, ukuran, tipe pelanggan, wilayah politis, serta teknologi. Perhitungan untuk pangsa pasar ini adalah sebagai berikut:

                              Vol. Penjualan Perusahaan Sejenis Pangsa Pasar =                                                                       x 100 % Total Penjualan Perusahaan Sejenis

Jika Anda mengetahui posisi produk Anda dalam pasar, maka Anda akan bisa menentukan langkah apa saja yang harus dilakukan sebagai kebijaksanaan pemasaran yang lebih tepat.


Selain itu, Anda juga dapat memperluas pangsa pasar yang telah ada. Anda hendaknya tidak beranggapan bahwa pangsa pasar akan dengan otomatis dapat menaikkan pendapatan. Ini akan tergantung pada strategi yang Anda lakukan dalam meningkatkan pangsa pasar. Dengan begitu, maka tingkat pendapatan akan lebih besar.


Ada 3 faktor yang harus dipertimbangkan sebelum dilakukan perubahan untuk meningkatkan pangsa pasar ini, yaitu kemungkinan munculnya anti monopoli, biaya ekonomi, serta pangsa pasar lebih besar yang bisa mengurangi profitabilitas.


Meningkatnya pangsa pasar akan menandakan bahwa kinerja perusahaan tersebut lebih baik dari kompetitor nya dalam 3 wilayah, yaitu kualitas produk, kegiatan produk, serta pengeluaran pemasaran.


Dalam mengukur pangsa pasar, ada 4 ukuran yang bisa dilakukan, antara lain:

  1. Pangsa pasar keseluruhan, yaitu penjualan produk perusahaan yang dinyatakan sebagai persentase dari keseluruhan penjualan.

  2. Pangsa pasar yang dilayani, yaitu persentase dari keseluruhan penjualan terhadap pasar yang sudah dilayani oleh perusahaan. Pasar yang dilayani yaitu seluruh pembeli yang bisa serta berminat membeli produk.

  3. Pangsa pasar relatif untuk 3 kompetitor tertinggi, yaitu pangsa pasar yang menunjukkan persentase penjualan produk yang berasal dari 3 perusahaan competitor dalam bidang bisnis yang sama.

  4. Pangsa pasar relative untuk kompetitor tertinggi. Perusahaan yang mempunyai pangsa pasar lebih besar 2 kali lipat bisa disebut sebagai pemimpin besar, sedangkan perusahaan yang mempunyai pangsa pasar kurang dari 2 kali lipat berate memimpin pasar secara bersama-sama.

Agar perusahaan tetap menjadi pemimpin pasar, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, temukan cara untuk menambah permintaan pasar.


Kedua, Lindungi pangsa pasar dengan tindakan ofensif dan defensif. Ketiga, perluas pangsa pasar perusahaan.



Demikianlah informasi mengenai pangsa pasar ini. Semoga bermanfaat!


12 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page