top of page

Contoh Desain Aplikasi Penggajian

Diperbarui: 6 Apr 2021


Peralatan yang dipakai untuk aplikasi ini adalah program ADO gaji. Program ini mempunyai fungsi untuk menampilkan form login, laporan, kasir, penggajian, pegawai, menu, perkiraan, tampilkan, dan rincian. Proses penggajian dalam aplikasi ini dibuat dengan menggunakan software visual basic.

Aplikasi penggajian ini lebih baik daripada mendata karyawan satu persatu saat akan tiba waktu pemberian gaji. Aplikasi ini juga sangat membantu petugas penggajian dalam melakukan pekerjaannya agar lebih efektif dan efisien.

Dalam membantu pekerjaannya, petugas biasanya menginginkan tampilan yang lebih simple dan jelas dengan warna yang tidak akan menyebabkan mata sakit. Selain itu, petugas juga biasanya menginginkan tampilan yang sederhana, mudah digunakan dan sangat membantu dalam pengerjaan sistem penggajian.

Nah, dari kebutuhan-kebutuhan itu, maka dibuatlah aplikasi penggajian yang memuat hal berikut.

  1. Login. Setelah Anda membuka program ini, maka Anda akan melihat tampilan login. Hal ini dimaksudkan agar tidak sembarang orang dapat keluar masuk dalam aplikasi ini. Jadi, ketika Anda akan menggunakannya, Anda harus login dulu.

  2. Menu. Jika Anda sudah berhasil login, maka Anda akan masuk ke Menu dari aplikasi ini. Dalam menu utama ini akan Anda lihat File, Transaksi, Laporan, dan Keluar.

  3. Kasir. Setelah Anda membuka Menu, lalu pilih file Kasir hingga muncullah tampilan tentang data kasir.

  4. Perkiraan. Dalam menu utama ini, ada juga file Perkiraan. Klik file tersebut dan akan muncul tampilan dari data perkiraan. Dalam file ini, kode serta nama pekerja dimasukkan kemudian pilih input. Misalnya kode 012 lalu nama.

  5. Pegawai. Dalam file ini, akan muncul data pekerja. Di sini, akan dimasukkan kode, nama, dan bagian, kemudian klik input. Misalnya, NIP 199701167 atas nama Risnawati di bagian Administrasi.

  6. Penggajian. Dalam file penggajian ini, ada menu transaksi. Pilih menu ini, lalu akan muncul tampilan pengolahan data penggajian. Di sini terdapat nomor slip gaji, tangga, dan jam ketika Anda akan melakukan proses penggajian. Dalam proses pengolahan ini, dimasukkan juga kode dari masing-masing pekerja yang terdiri atas gaji pokok, uang makan,  uang lembut, uang transport, tunjangan kesehatan, tunjangan keluarga, koperasi, pajak, utang pinjaman, asuransi, dan jamsostek.

  7. Laporan, Klik file laporan, lalu akan muncul tampilan yang terdiri atas laporan tiap-tiap pegawai serta laporan akumulasi.

  8. Perincian. Dalam menu ini, akan tampil rincian gaji dan cetak gaji. Masukkan nomor slip haji, nama dan bagian karyawan. Lalu nanti akan keluar hasil potongan, pendapatan, serta gaji bersih yang kemudian bisa Anda cetak.

  9. Tampilkan. Dalam menu ini akan ditampilkan struk gaji karyawan yang bersangkutan

Itulah sedikit informasi tentang aplikasi penggajian karyawan. Semoga bermanfaat.


44 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page