top of page

Format Buku Kas Umum



Format Buku Kas Umum

Format Buku Kas Umum


Buku kas umum dalam suatu instansi, baik pemerintah maupun swasta sebagai pengelolaan uang atau harta perusahaan merupakan suatu hal yang penting untuk dipertanggungjawabkan. Jika anda bekerja dibagian keuangan dalam suatu perusahaan, anda pasti mengetahui apa yang bisa anda lakukan untuk menyediakan laporan keuangan yang baik.

Harta dalam suatu instansi atau perusahaan bisa kita sebut sebagai kas. Kas digunakan sebagai biaya operasional perusahaan yang bisa dipergunakan untuk membeli ataupun membayar kewajiban perusahaan itu sendiri. Bentuk dari kas itu sendiri sangat beragam atau sangat variatif. Kas bisa berbentuk cek, dana tunai, giro, dan sebagainya. Berikut ini mari kita bahas contoh format buku kas umum.

.

Contoh Format Buku Kas Umum

.

Sekarang, kita akan membuat buku kas umum menggunakan aplikasi akuntansi excel yang bisa kita download secara gratis. Sebelum kita memulainya, silahkan donwload format buku kas umum dengan klik link di bawah ini :

.

[AnythingPopup id=”2″]

.


Format Buku Kas Umum

.

Setelah berhasil download aplikasi penjualan excel gratis mari kita ikuti langkah-langkah berikut ini.

Berikut ini adalah langkah-langkah pembuatan format buku kas umum. Buka sheet jurnal umum pada aplikasi pembukuan dan masukkan transaksi dengan memilih nama akun seperti di bawah ini.


Contoh Format Buku Kas Umum 1

.

Setelah memilih nama akun pada aplikasi pembukuan keuangan, silahkan pilih nama kode bantu. Kode bantu adalah daftar hutang dan piutang (jika ada). Kode bantu bisa dikosongkan jika tidak diperlukan. Perhatikan contoh pembukuan pengeluaran dan pemasukan di bawah ini.


Contoh Format Buku Kas Umum 2

.

Setelah nominal DEBET dan KREDIT sudah diisi, kita cek di sheet buku besar. Pilih melalui dropdown list, nama akun persediaan barang.


Contoh Format Buku Kas Umum 3

.

Berikut ini adalah tampilan buku besar dari aplikasi akuntansi excel free download. Mutasi nama akun persediaan barang dari transaksi yang baru saja diinput langsung otomatis tercatat di buku besar. Perhatikan contoh pembukuan akuntansi sederhana berikut ini.


Contoh Format Buku Kas Umum 4

.

Selanjutnya mari kita isi semua transaksi yang terjadi di perusahaan. Pada program akuntansi excel gratis ini semua input transaksi dimasukkan ke jurnal umum. Kemudian secara otomatis buku besar setiap pos akun dan laporan keuangan perusahaan akan tersaji otomatis. Berikut ini adalah tampilan pembukuan dengan excel di sheet jurnal umum yang telah diinput transaksi :


Contoh Format Buku Kas Umum 6

.

Berikut ini adalah tampilan sheet buku besar pada software akuntansi gratis excel dari nama akun Persediaan barang :


.

Berikut ini adalah tampilan sheet buku besar pada contoh pembukuan sederhana excel dari nama akun Hutang Dagang :


Contoh Format Buku Kas Umum 8

.

Berikut ini adalah tampilan sheet buku besar pada aplikasi akuntansi excel program siap pakai dari nama akun salah satu rekening bank :


Contoh Format Buku Kas Umum 9

.

Berikut ini adalah tampilan sheet buku besar pada laporan keuangan sederhana excel yang sudah di download dari nama akun Piutang Dagang :


Contoh Format Buku Kas Umum 10

.

Demikianlah langkah-langkah mengisi format buku kas dengan menggunakan aplikasi akuntansi excel program siap pakai gratis. Semoga bermanfaat.

.

[AnythingPopup id=”2″]

.

Nah, salah satu laporan kas yang paling penting dalam suatu perusahaan adalah Buku kas umum. Buku kas umum biasanya digunakan untuk mencatat segala macam aktifitas yang berkenaan dengan penerimaan dan pengeluaran kas, baik secara tunai maupun giral. Selain itu, buku kas umum juga digunakan untuk mencatat mutasi perbankan atau kesalahan dalam pembukuan juga. Bagi anda yang sedang berkuliah akuntansi, mungkin anda perlu memahami lebih jauh mengenai buku kas umum ini.

Sebelum kita membahas format buku kas umum, kita harus mengetahui beberapa hal penting. Yang pertama adalah buku kas umum merupakan sumber dokumen transaksi. Jadi setiap apapun transaksi yang telah dilakukan, anda harus sesegera mungkin mencatat pertama kali di buku kas umum, kemudian mencatat di buku pembukuan masing-masing.  format buku kas umum juga menggunakan kolom saldo yang mempermudah mengetahui posisi kas.

Format buku kas umum dibagi menjadi tiga bagian. Bagian yang pertama adalah bagian yang diperuntukkan khusus penginformasian identitas satuan kerja, pagu belanja, tanda tangan pengeluaran, dan lainnya yang bersangkutan dengan transaksi. Bagian yang kedua dari format buku kas umum ini adalah berfungsi untuk mendokumentasikan peneriman, pengeluaran, serta mutasi yang dikelola oleh bendahara. Bagian yang ketiga adalah lembar pemeriksaan transaksi yang telah dilakukan. Jadi, semua aktifitas yang dilakukan di buku kas umum dilakukan oleh bendahara tata usaha. Akuntan akan menyelesaikan sisanya.

Selain itu, format buku kas umum terdiri dari berbagai table yang harus disertakan untuk melancarkan pemasukan data transaksi yang dilakukan. Seperti tabel pemasukan, pengeluaran, saldo, juga tabel identitas pengguna. Sebagai tambahan, ada beberapa buku yang digunakan buku kas umum, yaitu buku kas tunai, buku bank, buku pengawasan, buku UMK, dan buku pajak. Semua buku tersebut akan berperan dalam system pembukuan tunggal yang dilaksanakan. Jika info ini kurang begitu lengkap, anda bisa mencari modul buku kas umum di internet. Disana, anda akan mendapatkan  panduan buku kas umum secara lengkap dan mudah dimengerti. Jadi, selamat belajar untuk mendapatkan kemampuan yang sempurna sebelum magang.

5.436 tampilan0 komentar
bottom of page