top of page

Mental yang Harus Dimiliki Wirausahawan Sejati

Diperbarui: 4 Mei 2021

Pengertian wirausahawan adalah seseorang yang memiliki jiwa usaha/bisnis. Ada banyak kriteria yang harus terpenuhi sehingga seseorang bisa dikatakan sebagai wirausahawan. Kriteria ini tidak bisa didapatkan dengan hanya mengenyam pendidikan tinggi, karena orang yang tamat SD pun banyak yang berhasil menjadi seorang wirausahawan.


Dan begitu pun sebaliknya, banyak orang sekolah hingga tamat sarjana tetapi tidak memiliki jiwa wirausaha yang sejati.

Untuk mengetahui apakah Anda sudah termasuk seorang wirausahawan sejati atau bukan, maka Anda harus membaca artikel ini! Artikel ini akan membahas tentang mental yang harus dimiliki wirausahawan sejati. Berikut penjelasannya!


Sikap mental yang harus dimiliki oleh seorang wirausahawan sejati adalah sikap mental positif. Dengan sikap mental ini, seberapa berat cobaan yang akan dialami saat menempuh usaha, bukanlah masalah baginya. Seberapa kali pun mengalami kegagalan, maka dia tidak akan pernah menyerah. Sikap mental positif ini meliputi beberapa hal, antara lain :

Berfikir Positif dan Fokus


Wirausahawan Sejati

Pantang Menyerah

Sikap mental positif yang kedua adalah sikap pantang menyerah. Dalam setiap hal, yang namanya kegagalan adalah sesuatu kepastian yang pasti terjadi dan akan dialami. Seorang master dalam suatu bidang keahlian pun pernah mengalami berkali kali kegagalan dalam hidupnya. Bahkan Thomas Alfa Edison telah gagal 1000 kali sebelum akhirnya berhasil menciptakan penemuan yang sampai saat ini bisa kita manfaatkan.


Jadi, jika setelah beberapa percobaan Anda mengalami kegagalan, maka jangan pernah berputus asa dan menyerah. Anggaplah kegagalan sebagai pintu penghalang yang harus Anda lewati sebelum akhirnya menemukan kesuksesan yang dicari.

Kreatif dan Inovatif


Sikap lainnya adalah berjiwa kreatif dan inovatif. Tidak ada yang berjalan stagnan dalam kamus seorang wirausahawan sejati. Saat usaha yang dijalankannya jalan di tempat, itu merupakan sebuah hal yang kurang baik, apalagi jika usaha yang dilakukan mengalami kemunduran, dia akan menganggap itu sebagai hal yang sangat tidak baik.


Karena itulah seorang wirausahawan sejati akan memanfaatkan otaknya untuk menciptakan inovasi yang bisa membuat usahanya semakin maju dan berkembang. Serta melakukan berbagai kreativitas dalam segala bidang untuk memberikan sesuatu hal yang baru sebagai nilai lebih yang akan didapatkannya.


Itulah kriteria yang membuat seseorang layak disebut sebagai wirausahawan sejati. Tanpa itu semua, maka saya atau Anda belum layak mendapatkan predikat tersebut. Faktanya setiap hari muncul banyak sekali pengusaha yang memulai sebuah usaha, berani mengeluarkan modal, memiliki berbagai konsep usaha, dan bersedia melakukan apapun untuk memajukan usahanya.


Namun, saat ada terpaan angin yang menerjangnya dan kegagalan kecil yang dialaminya, banyak dari pengusaha tersebut yang memilih mundur dan tidak melakukan apa-apa ketimbang mempertahankan usahanya. Padahal bisa jadi, sukses yang akan dicapainya akan didapatkan hanya dengan melewati satu kegagalan lagi.




Kegagalan bukanlah hal yang mutlak. Tidak ada ukuran pasti berapa kali seseorang akan mengalami kegagalan sebelum menemui kesuksesannya. Oleh karena itu, agar kegagalan yang Anda alami bisa dibuat sedikit, maka belajarlah dari kegagalan tersebut dan muncullah sebagai seorang wirausahawan yang lebih siap menghadapi tantangan.

Semoga bermanfaat!


18 tampilan0 komentar
bottom of page