top of page

Sukses Menjalani Bisnis MLM

Diperbarui: 10 Apr 2021

Tentunya Anda pernah dengar kata MLM. Ya, sekarang ini banyak produk yang dipasarkan secara MLM. Apalagi di internet, hampir setiap iklan produknya menggunakan sistem ini.



Multi Level Marketing atau yang sering disingkat MLM merupakan sebuah sistem penjualan dengan membentuk tim dalam memasarkan sebuah produk dan dilakukan secara bertingkat. Sistem pemasaran ini mengutamakan kebersamaan untuk mencapai target penjualan.


Bisnis MLM

Seperti halnya bisnis-bisnis lain, agar Anda meraih kesuksesan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menjalani bisnis MLM ini. Berikut tips yang bisa Anda lakukan dalam menjalani bisnis ini.

  1. Berdoa. Sebelum Anda memulai berbisnis, awali langkah Anda dengan berdoa. Niscaya Anda akan mendapatkan kemudahan dan keberkahan.

  2. Sesuaikan modal dengan kondisi keuangan. Jika ada yang menawarkan keuntungan besar dengan modal yang besar juga, sebaiknya Anda jangan gampang tergoda, karena untuk mendapatkan keuntungan dari bisnis ini memerlukan waktu. Sebaiknya sesuaikan modal Anda dengan kondisi keuangan. Jangan sampai Anda mengeluarkan modal besar, tapi untuk keperluan lain tidak ada.

  3. Jangan memaksa. Jangan pernah memaksa orang lain untuk mengikuti bisnis ini dan menjadi down line Anda. Tidak akan ada orang yang mau dipaksa, sehingga hal ini hanya akan membuang-buang waktu Anda. Jika memang ada yang tertarik untuk menjadi down line Anda, yakinkan ia jika bisnis ini bisa menghasilkan keuntungan.

  4. Lakukan promosi. Anda bisa berpromosi dengan menggunakan internet marketing. Cari banyak informasi tentang internet marketing ini.

  5. Manfaatkan metode newsletter. Anda bisa terus mengirimkan update dan feedback dengan menggunakan newsletter. Hal ini dapat mendorong pelanggan untuk mengikuti program Anda.

  6. Dorong down line Anda agar menghasilkan. Berilah dukungan agar down line- down line Anda bisa menghasilkan seperti Anda. Beri beberapa tips bagaimana cara mengajak orang lain mengikuti program ini. Dengan begitu, keuntungannya akan terus mengalir pada Anda sebagai up line.

Demikianlah tips-tips sukses dalam menjalani bisnis MLM. Tidak semua orang bisa menjalani bisnis ini. Dibutuhkan kemampuan presentasi yang baik dalam menjalaninya.


Jika Anda bukanlah seorang yang mampu melakukan presentasi dengan baik, namun Anda tertarik dengan bisnis ini, mungkin Anda bisa memulainya dengan membaca buku atau referensi tentang cara presentasi yang menghasilkan.


Jangan ragu untuk bertanya tentang bisnis ini pada pendahulu Anda. Ini akan memberikan kejelasan bagi Anda sebagai gambaran apa yang harus Anda lakukan jika mengikuti bisnis ini. Selain itu, Anda juga tidak akan sulit dalam mengambil keputusan.



Selamat berbisnis dan semoga sukses!


80 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page