top of page

CARA MEMBUAT LAPORAN KEUANGAN DENGAN EXCEL SECARA CEPAT DAN EFEKTIF

Diperbarui: 29 Mar 2021




Sebagai pemilik bisnis Anda tentu saja sudah sangat akrab dengan akuntansi. Pembukuan keuangan atau laporan aktivitas perusahaan dalam tabulasi angka-angka, adalah bagian penting dari usaha apa pun saja dan seberapa pun juga ukurannya.


Kesehatan suatu usaha dapat dengan mudah dibaca melalui laporan angka-angka yang tercetak dalam laporan akuntansi mereka.

Namun tidak semua pemilik usaha yang baru, mengerti cara membuat laporan keuangan dengan excel secara efektif, efisien dan juga cepat.


Sehingga untuk mengakomodasi kepentingan ini, banyak pemilik usaha yang kemudian menempuh cara instan dengan mempelajari prosesnya melalui internet.


Atau pun menempuh cara yang lebih efektif namun berbiaya mahal seperti membayar jasa seorang akuntan profesional.

Akan tetapi, baik belajar melalui internet mau pun membayar jasa seoarang akuntan, semua memiliki sisi minus untuk seorang pemilik usaha.


Jika belajar instan dari internet pada banyak segi dinilai kurang efektif, maka membayar jasa akuntan dinilai tidak efisien dari sisi biaya.


Jadi untuk seorang pemilik bisnis UMKM yang baru memulai usaha mereka, kedua cara ini sama-sama tidak ideal untuk dilakukan.

Lantas, bagaimanakah cara membuat laporan keuangan dan pembukuan akuntansi yang lebih ideal untuk pemiliki usaha kecil dan menengah? Nah, simak ulasannya berikut ini.


Membuat Laporan Keuangan Dengan Excel Sebagai Solusi Akuntansi Ideal Untuk Usaha Kecil dan Menengah




Secara statistik program excel adalah aplikasi yang paling banyak digunakan untuk keperluan menyusun pembukuan keuangan.


Akan tetapi, meskipun excel adalah yang paling populer sebagai aplikasi untuk akuntansi, namun menggunakan excel secara manual untuk menyusun pembukuan keuangan juga tidak dapat dilakukan dengan mudah.

Ada banyak hal yang harus diketahui oleh siapa pun yang ingin membuat laporan keuangan menggunakan excel secara manual. Logaritma, formula dan rumus-rumus, juga akan menjadi tantangan tersendiri bahkan untuk seseorang yang terbiasa berurusan dengan excel.


Selain itu, problem yang paling signifikan dari cara manual adalah sangat menyita waktu dan emosi.


Belum lagi jika kemudian terdapat kesalahan dalam kombinasi rumus-rumus yang dilakukan dan mengharuskannya untuk dibuat kembali.

Nah, guna mengatasi hal ini, ada satu cara yang paling efektif untuk digunakan. Cara ini adalah dengan menggunakan aplikasi akuntansi excel siap pakai.


Artinya Anda tidak perlu menghitung, membuat rumus, dan lain sebagainya.


Anda hanya perlu menginput transaksi pada jurnal umum pada aplikasi, dan selanjutnya semua proses akan dilakukan secara otomatis.

Namun pertanyaannya kemudian adalah; aplikasi apa yang dapat melakukan hal tersebut dan apa namanya serta dimana bisa mendapatkannya?


Aplikasi Apa dari Excel yang Dapat Melakukan Penghitungan Akuntansi Otomatis?




Untuk membuat laporan keuangan dengan excel pada dasarnya ada cukup banyak aplikasi yang ditawarkan. Akan tetapi di antara banyak penawaran tersebut, aplikasi yang terbukti paling efektif, efisien, ideal dan juga komprehensif, adalah Aplikasi Akuntansi Excel.

AccEx adalah aplikasi akuntansi siap pakai berbasis excel yang sangat mudah digunakan, memiliki cara operasional yang sederhana, mudah dipahami, serta mampu pula memberikan semua data yang diperlukan dalam sebuah laporan akuntansi secara komprehensif dan akurat.


Sejauh ini, AccEx adalah aplikasi paling banyak digunakan sebagai software pembukuan keuangan berbasis excel.

AccEx memiliki dua versi dalam membuat laporan keuangan usaha jasa bisnis atau usaha yang Anda miliki. Versi pertama adalah trial version yang sepenuhnya gratis dan dapat Anda download dengan mudah.


Versi ini dipersembahkan untuk Anda yang ingin mencoba terlebih dulu program AccEx sebagai software akuntansi bisnis Anda.


Aplikasi ini dilengkapi juga dengan video panduan tutorial step by step dari awal hingga menjadi laporan keuangan.

Versi kedua dari AccEx kemudian adalah versi lisensi atau versi berbayar. Jadi ini adalah aplikasi akuntansi AccEx yang dapat Anda gunakan setelah membelinya melalui www.aplikasiakuntansiexcel.com.


Perbedaannya adalah jika trial version berbatas waktu, versi lisensi bisa dipakai selamanya tanpa membayar apapun lagi.


Dimana dan Bagaimana Caranya Mendapatkan AccEx?




Untuk mendapatkan aplikasi akuntansi siap pakai, Anda hanya perlu mengunjungi website aplikasiakuntansiexcel.com dan mengikuti panduan download disana.


Selain dapat mengunduh aplikasi akuntansi excel secara gratis, di website itu Anda juga bisa mendapatkan banyak sekali bonus gratis mengenai software program akuntansi lainnya.

Salah satu bonus yang paling diminati di Program Excel adalah aplikasi yang mampu melakukan penghitungan Harga Pokok Penjualan secara otomatis atau HPP Otomatis.


Dan untuk mendapatkan bonus program dengan HPP Otomatis ini, cara yang dilakukan juga sama.


Selamat mencoba!



50 tampilan0 komentar
bottom of page