CARA MEMBUAT PROGRAM AKUNTANSI SEDERHANA DENGAN EXCEL

Updated: Apr 28



Guna mengakomodasi kebutuhan dunia bisnis akan penghitungan yang akurat dan presisi, telah banyak dikembangkan software untuk memproses segala perhitungan itu secara otomatis.


Software akuntansi dibuat selengkap mungkin dan mencakup seluruh aspek penghitungan keuangan. Dari proses menghitung laba rugi, menghitung hutang piutang dan kas, hingga kemudian menetapkan neraca perdagangan yang komprehensif dan mudah untuk dianalisa.


Hal yang menjadi permasalahan kemudian adalah; bahwa tidak semua software akuntansi yang memiliki tujuan mempermudah proses penghitungan keuangan suatu perusahaan dapat dengan mudah pula untuk dioperasikan.


Sistem operasional yang rumit dan membingungkan kadang justru membuat orang yang tidak terbiasa berurusan dengan akuntansi, menjadi jauh lebih repot untuk membuat pembukuan keuangan perusahaan.


Nah, apakah ada software akuntansi yang benar-benar mampu memberi kemudahan kepada penggunanya dalam pengoperasiannya? Tentu ada yaitu dengan menggunakan Microsoft Excel.



Membuat Akuntansi Sederhana dengan Excel



Dikenal sebagai sebuah software penghitungan dan worksheet paling populer yang digunakan, Excel tentu saja memiliki banyak kelebihan. Akan tetapi dari banyak kelebihan program besutan microsoft ini, kesederhanan dalam sistem operasi adalah yang paling banyak menarik perhatian.


Excel atau Microsoft Excel sendiri adalah aplikasi yang berfungsi untuk mengolah data otomatis berupa perhitungan dasar, pemakaian fungsi-fungsi, rumus pengolahan data, tabel pembuatan grafik serta manajemen data.


Pembukuan keuangan dengan segala penghitungan yang dibutuhkannya, tentu saja memetik banyak manfaat dari kinerja optimal excel semacam ini.


Cara membuat program sederhana dengan excel umumnya lebih mudah jika menggunakan rumus sendiri. Rumus yang diaplikasikan ini biasanya berupa penambahan, pengurangan, perkalian dan lainnya.


Praktiknya adalah dengan cara memasukkan data-data transaksional pada tabel yang sudah dipersiapkan dengan rapi, kemudian buat pengitungan berupa rumus-rumus untuk mengolah data tersebut.


Semua jenis rumus penghitungan telah tersedia dalam excel secara sangat lengkap untuk dapat Anda operasikan.


Misalnya untuk melakukan penjumlahan, Anda dapat mempergunakan rumus debet kredit excel = (SUM(tabel pertama,tabel akhir) kemudian enter. Proses ini akan dengan segera menampilkan hasil penjumlahan tabel yang sudah ditentukan, seberapa pun jumlahnya.


Misalkan lagi Anda membutuhkan hasil penghitungan rata-rata sebuah nilai penjualan; maka pada worksheet excel anda hanya perlu menggunakan rumus =(AVERAGE(tabel pertama – tabel terakhir) lalu enter. Kemudian hasil penjumlahan rata-rata yang Anda butuhkan akan tampil pula secara otomatis.




Apakah Anda Mengalami Kendala dengan Formula pada Excel?




Menarik kemudian untuk mengatakan bahwa hampir 90% pengguna program excel, umumnya tidak dapat menggunakan formulasi excel secara optimal.


Artinya mayoritas pengguna program excel adalah mereka yang hanya memanfaatkan formula yang paling mudah saja berupa penjumlahan, perkalian, pengurangan atau pun pembagian.


Jika kemudian formula dan rumus-rumus ini dikembangkan lagi menjadi lebih panjang seperti kolom A ditambah kolom B dikurangi kolom C kemudian dikurangi 10% dan lain sebagainya, maka beberapa pengguna excel justru merasa kebingungan terutama mengenai bagaimana menyusun formulasi dan rumus-rumusnya seperti itu.


Jadi, untuk membuat pembukuan keuangan sederhana berbasis excel dengan mudah, tentu saja dibutuhkan cara yang lebih praktis lagi, kalau tidak bersiaplah untuk trial dan error serta meluangkan waktu lebih banyak untuk mempelajari rumus dan fungsi-fungsi yang ada di dalam excel.


Lalu, bagaimana solusinya?



Program Akuntansi Excel Sebagai Solusi Paling Efektif dan Efisien Membuat Laporan Keuangan


DOWNLOAD DISINI UNTUK MEMBUAT PROGRAM AKUNTANSI SEDERHANA DENGAN EXCEL SECARA OTOMATIS



Anda disarankan untuk menggunakan program akuntansi excel siap pakai dalam membuat laporan keuangan perusahaan.


Semua formulasi yang diaplikasikan dalam program ini adalah program yang siap pakai, jadi Anda tidak perlu lagi membuat rumus atau formula yang lain untuk dapat menyusun sebuah pembukuan yang sistematis.


Untuk menghasilkan angka-angka final yang presisi, Anda cukup menginput saja data-data transaksional untuk kemudian akan diproses secara otomatis oleh rumus pembukuan excel.



Cara Membuat Laporan Keuangan dengan Program Akuntansi Excel Sederhana





Sekarang mari kita bahas langkah-langkah membuat laporan keuangan dengan program akuntansi excel sederhana secara otomatis.


Gambar di bawah ini adalah tampilan program akuntansi excel. Disini tersedia menu-menu yang merupakan fitur dari program tersebut.


Di sini Anda juga harus input tanggal periode awal akuntansi dan periode akhirnya. Periode akuntansi nya bisa 1 bulanan 3 bulanan 6 bulanan dan 1 tahunan. Silakan lihat gambar software keuangan excel berikut ini.




Tabel Kode Akun atau Chart of Account (CoA)


Sebelum mulai untuk menggunakan program laporan keuangan dengan excel ini, Anda harus mengisi lengkap tabel kode akun yang telah disediakan. Kode akun ini juga sering disebut dengan CoA atau Chart of Account.


Kode akun atau kode perkiraan bermanfaat untuk memudahkan pencatatan transaksi ke dalam buku besar. Pengkodean akun ini juga bermanfaat untuk klarifikasi perkiraan dan penuntusan laporan keuangan.


Setiap nomor akun harus unik artinya setiap nomor hanya digunakan untuk satu akun perkiraan saja. Dalam membuat kode akun dan nama akun sebaiknya singkat dan jelas dan mudah dicerna oleh siapapun yang membacanya.


Berikut ini adalah contoh tampilan dari tabel kode akun yang sudah terisi lengkap pada template akuntansi bisnis excel.




Input Semua Transaksi di Tabel Jurnal Umum


Setelah kode akun ini terisi lengkap maka Anda bisa beralih ke jurnal umum untuk memulai input transaksi keuangan perusahaan Anda.


Tabel jurnal umum ini berfungsi untuk merekam semua transaksi keuangan baik itu transaksi kas, bank, penjualan, pembelian dan transaksi lainnya. Tabel jurnal umum ini bisa merekam sampai ribuan transaksi dalam satu periode akuntansi.


Jadi Anda bisa leluasa untuk mencatat seluruh transaksi keuangan perusahaan Anda tanpa takut kekurangan memori. Warna dan tampilan pada jurnal umum ini bisa Anda ubah dan di modifikasi sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda.


Cara pengisian jurnal umum sangat mudah karena Anda hanya cukup mengikuti petunjuk dari setiap kolom yang telah disediakan.


Untuk pemilihan kode akun per transaksi Anda cukup klik dropdown list kemudian pilih salah satu kode yang berhubungan dengan transaksi tersebut.


Untuk lebih jelasnya silakan lihat contoh jurnal umum keuangan excel di bawah ini.




Buku Besar Otomatis


Setelah Anda isi jurnal umum dengan transaksi perusahaan Anda secara lengkap maka langkah selanjutnya adalah serba otomatis. Silakan beralih ke buku besar.


Buku besar pada format laporan keuangan excel lengkap ini sistemnya bekerja 100% otomatis tanpa harus di input manual lagi. Buku besar ini membaca setiap mutasi yang diinput di jurnal umum.


Jadi setiap ada penambahan transaksi harian pada jurnal umum maka secara otomatis buku besar ini update.


Pada program buku besar excel ini, Anda hanya perlu mengganti-ganti kode akun melalui dropdown list yang telah disediakan.


Setelah itu mutasi pada kode akun yang Anda pilih tersebut akan muncul otomatis berikut saldo awal dan saldo akhirnya. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar buku besar otomatis pada software akuntansi berbasis excel berikut ini.




Buku Besar Pembantu Hutang Piutang Otomatis


Bagi Anda yang memiliki perusahaan dengan kegiatan transaksi yang berhubungan dengan hutang piutang maka template akuntansi excel sangat cocok untuk Anda gunakan.


Karena pada buku piutang excel ini tersedia fitur buku besar pembantu utang piutang. Buku besar ini sebagai alat bantu mencatat mutasi utang piutang yang sangat berguna untuk perusahaan Anda.


Buku besar pembantu utang piutang ini merekam data yang Anda input pada jurnal umum. Jika kolom hutang piutang pada jurnal umum Anda input maka mutasi debit kreditnya akan muncul di tabel buku besar pembantu ini.


Tabel buku besar pembantu ini 100% otomatis sudah terintegrasi sistemnya. Anda hanya cukup mengganti-ganti nama supplier atau nama customer yang sudah terlebih dahulu di catat oleh Anda pada kolom daftar hutang piutang pada aplikasi pembukuan lengkap excel.


Silakan lihat contoh gambar tabel buku besar utang piutang yang ada pada file excel laporan keuangan perusahaan dagang.




Laporan Laba Rugi Otomatis


Kemudian sekarang kita beralih ke laporan keuangan. Laporan keuangan yang wajib untuk disajikan oleh setiap perusahaan yang menyelenggarakan pembukuan adalah laporan laba rugi dan laporan neraca.


Pada format laba rugi excel ini, laporan laba rugi sudah otomatis dihitung oleh sistem pembukuan keuangan tersebut.


Anda sudah bisa menikmati hasil hasilnya dan kemudian Anda bisa langsung mencetaknya untuk Anda sajikan. Dibawah ini adalah contoh laporan laba rugi di excel yang telah Anda download.




Laporan Neraca Otomatis


Laporan keuangan yang berikutnya adalah laporan neraca. Laporan neraca pada hakekatnya adalah suatu laporan yang dihasilkan oleh pembukuan keuangan perusahaan.


Di laporan neraca terdapat beberapa informasi mengenai aktiva perusahaan, kewajiban perusahaan dan utang perusahaan dalam satu periode. Dibawah ini adalah contoh tampilan laporan neraca format excel.




Program Kartu Stok Persediaan Barang Otomatis


Untuk Anda yang memiliki perusahaan dagang dengan stok barang yang banyak, Anda bisa gunakan fitur kartu stok persediaan barang otomatis yang ada pada aplikasi penjualan dan stok barang excel ini.


Kartu stok barang ini bisa merangkum dengan tepat dan real time mutasi persediaan barang perusahaan Anda.


Anda hanya cukup mengganti-ganti nama barang yang sudah Anda input di master data sebelumnya dan otomatis mutasi stok barang per item akan muncul. Berikut ini adalah contoh kartu stok barang yang ada di laporan penjualan bulanan excel.






Apa Saja Manfaat Program Akuntansi Excel Sederhana ini Untuk Anda?


Program ini memiliki banyak keunggulan sebagai sebuah program akuntansi excel yang praktis dan efisien. Beberapa keunggulan yang paling penting adalah:


  1. Harga pembukuan excel akuntansi ini lebih terjangkau dibandingkan software akuntansi berbasis excel yang sejenis.

  2. Template laporan keuangan excel lengkap ini dapat digunakan pada banyak komputer tanpa harus membeli lisensi tambahan.

  3. Program akuntansi excel lengkap ini merupakan investasi seumur hidup bagi perusahaan Anda yang penggunaannya tidak memiliki masa expired atau kadaluwarsa.

  4. Program pembukuan sederhana ini memiliki proses pengoperasian yang lebih sederhana dan mudah dipahami, sehingga ideal untuk digunakan oleh usaha kecil dan menengah atau UMKM.

  5. Software laporan keuangan ini dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

  6. Rumus excel untuk akuntansi ini dilengkapi video tutorial penggunaan yang lengkap, step by step dari awal hingga menjadi laporan keuangan.

  7. Aplikasi neraca keuangan memiliki versi trial coba gratis yang dapat Anda gunakan sebelum memutuskan untuk membeli versi lisensinya.

  8. Aplikasi pembukuan excel ini memiliki 16 bonus program bisnis berbasis excel yang bisa menunjang kegiatan usaha Anda.





CEK TAMPILAN 16 BONUS PROGRAM EXCEL YANG SUDAH MENANTI ANDA DISINI




#ProgramAkuntansiExcel #ProgramAplikasiAkuntansiDenganExcel #ProgramAplikasiKomputerAkuntansi #ProgramExcelUntukAkuntansi

69 views0 comments