MEMBUAT CONTOH LAPORAN KEUANGAN SEDERHANA PERUSAHAAN DAGANG

Updated: Apr 8



Untuk mendukung kelancaran sirkulasi barang yang diperdagangkan, sebuah perusahaan dagang membutuhkan support pembukuan yang memadai.


Pembukuan yang rapi, cermat, teliti dan sistematis akan memudahkan operasional perusahaan dalam mengontrol stok, harga, dan transaksi barang yang diperdagangkan.


Bagi perusahaan dagang besar, tentu tidak menjadi masalah mengenai pembukuan keuangan. Dengan sumber daya yang melimpah, perusahaan besar dapat membayar jasa akuntan profesional untuk mengerjakan laporan keuangan perusahaan mereka.


Akuntan profesional bisa trampil membuat laporan keuangan sederhana perusahaan dagang dengan rapi sesuai yang diharapkan.


Namun, bagaimanana dengan perusahaan dagang dalam ukuran kecil atau menengah yang tidak dapat membayar jasa akuntan profesional? Apakah ada solusi yang praktis untuk mereka?


CEK MANFAAT JASA LAPORAN KEUANGAN UNTUK MEMBUAT LAPORAN KEUANGAN USAHA ANDA



Untuk dapat meng-handle laporan keuangan dan menyusun akuntansi perusahaan dagang, akuntansi jasa atau akuntansi manufaktur dan lain sebagainya, seseorang tentu saja harus dibekali dengan keterampilan dan pengetahuan tentang akuntansi.


Tanpa pengetahuan tentang akuntansi yang memadai, hampir mustahil seseorang mampu menyusun laporan keuangan yang efektif, kredible dan sistematis.


Ketika perusahaan besar menggunakan jasa akuntan profesional berbiaya tinggi untuk mengerjakan laporan keuangan mereka, maka perusahaan dagang kecil bisa saja tidak mampu melakukannya.


Satu-satunya cara paling praktis dan ekonomis untuk dapat membuat pembukuan sederhana perusahaan dagang bagi usaha kecil adalah dengan memanfaatkan software akuntansi.


Software akuntansi pun ada ribuan banyaknya sehingga membutuhkan kecermatan dalam memilihnya.


Bagi perusahaan dagang yang sirkulasi barang dan pemasukan cash adalah hal pokok yang paling banyak diperhatikan, tentu saja aplikasi atau software yang dibutuhkan juga memiliki spesifikasinya sendiri.


Selain harus dipilih dengan cermat, harga yang tinggi adalah tantangan lain dari adopsi sebuah software akuntansi.


Lisensi yang terbatas dan hanya dapat dioperasikan untuk beberapa komputer juga membuat biaya semakin tinggi.


Belum lagi jika software yang dibeli merupakan software yang dibatasi pula penggunaannya dalam kurun waktu tertentu, maka risiko expired pun akan menambah biaya pembaruan di kemudian hari.


Nah, jika sudah demikian, adakah rekomendasi software pembukuan keuangan terbaik bagi perusahaan dagang skala kecil dalam menyusun laporan keuangan mereka?




Langkah Membuat Laporan Keuangan Sederhana Perusahaan Dagang



Sebelum mengenal software akuntansi keuangan yang paling tepat untuk menyusun pembukuan akuntansi perusahaan dagang, ada baiknya Anda juga mengenal tahapan dalam membuat laporan keuangan sederhana perusahaan dagang.


Tahapan-tahapan membuat laporan keuangan sederhana perusahaan dagang:

  1. Transaksi keuangan.

  2. Mencatat segala transaksi keuangan berdasarkan terhadap bukti asli transaksi (dalam satu periode)

  3. Membuat jurnal umum yang bersumber dari transaksi keuangan.

  4. Membuat buku besar.

  5. Membuat jurnal penyesuaian

  6. Membuat laporan keuangan: laba-rugi, neraca keuangan, laporan perubahan modal dalam perusahaan, membuat jurnal penutup dan, membuat neraca saldo setelah penutupan.


Membuat Kode Akun atau Kode Perkiraan (CoA)


Pada tahap awal untuk pembuatan laporan keuangan perusahaan dagang kita akan menyusun kode akun atau kode perkiraan (CoA).


Kode dan nama akun ini akan menjadi pos-pos perkiraan setiap transaksi keuangan yang terjadi di perusahaan.


Kode akun ini terdiri dari aktiva lancar, aktiva tetap, kewajiban atau utang, kewajiban jangka panjang, ekuitas, pendapatan beban dan biaya.


Pada tabel kode akun juga dilengkapi dengan kolom saldo awal. Kolom Ini diisi dengan saldo awal masing-masing pos akun pada awal periode akuntansi tersebut.


Untuk lebih jelasnya silakan lihat contoh gambar kode akun pada aplikasi pembukuan dengan excel di bawah ini.




Mengisi Transaksi Keuangan ke Jurnal Umum


Setelah tabel kode akun sudah lengkap terisi Anda bisa beralih ke tabel jurnal umum. Tabel jurnal umum ini gunanya untuk menampung semua pencatatan transaksi keuangan perusahaan.


Semua transaksi masuk ke jurnal umum yaitu pencatatan transaksi kas, bank, transaksi pembelian dan penjualan dan transaksi yang menyangkut hutang dan piutang.


Cara memulai input transaksi keuangan pada tabel jurnal umum sangat mudah, Anda tinggal mengikuti petunjuk dari setiap kolom yang telah disediakan.


Pertama isilah kode akun yang sesuai dengan jenis transaksi yang terjadi menggunakan menu drop down list seperti gambar dibawah ini dari jurnal akuntansi excel.



Kemudian jika transaksi keuangan Anda menyangkut hutang dan piutang maka Anda bisa mengisinya di kolom nama hutang dan piutang.


Tersedia juga kolam jatuh tempo pembayaran hutang dan piutang untuk perusahaan Anda. Silakan lihat contoh gambar jurnal umum excel di bawah ini.



Jurnal umum merangkum semua transaksi keuangan perusahaan sehari-hari. Baik itu transaksi kas bank penjualan dan pembelian.


Semuanya di input di satu tempat yaitu jurnal aplikasi akuntansi. Berikut ini adalah contoh gambar jurnal umum yang telah diisi lengkap oleh transaksi perusahaan dagang pada format excel akuntansi dagang.




Laporan Buku Besar Otomatis


Setelah jurnal umum terisi lengkap, maka Anda bisa beralih ke tabel buku besar. Pada tabel buku besar ini Anda tidak perlu input manual apapun lagi. Semua perhitungan pada tabel berikut besar ini sudah otomatis 100%.


Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengganti-ganti kode akun sesuai dengan keinginan anda. Lalu Anda bisa langsung mencetaknya.


Buku besar ini terdiri dari kolom nomor, tanggal, bukti transaksi, keterangan, transaksi, kolom debit kredit dan saldo.


Tersedia juga informasi saldo awal dan saldo akhir pada satu Akun tersebut. Anda juga bisa memilih mutasi 1 bulan, 3 bulan atau keseluruhan periode akuntansi tersebut.


Nah, untuk lebih jelasnya silahkan lihat tampilan buku besar akuntansi excel di bawah ini.



Buku besar di dalam aplikasi laporan keuangan perusahaan dagang ini merangkum semua transaksi pembelian barang dagangan pada perusahaan Anda.


Berikut ini adalah akun pembelian barang yang ditampilkan mutasinya di buku besar secara otomatis dan real time.


Jika ada penambahan transaksi pembelian barang maka otomatis mutasi buku besar otomatis ini update dengan sendirinya.



Berikut ini adalah tampilan buku besar untuk pada akun penjualan barang pada perusahaan dagang.


Semua penjualan yang diinput di jurnal umum akan tampil di buku besar ini secara otomatis dan terus di-update. Perhatikan gambar buku penjualan barang di bawah ini.




Buku Besar Hutang Piutang


Program pembukuan ini mempunyai fitur unggulan yaitu buku besar pembantu utang piutang. Buku besar utang piutang ini berfungsi untuk merangkum semua mutasi hutang kepada supplier dan piutang dari customer pada perusahaan dagang.


Buku besar hutang piutang ini sudah otomatis 100% tanpa campur tangan manual dari pengguna.


Anda bisa dengan mudahnya mengganti-ganti nama customer atau nama supplier pada buku besar tersebut dan mutasinya akan langsung muncul dan update otomatis.


Perhatikan gambar tampilan dari buku besar pembantu hutang piutang pada buku besar dengan excel berikut ini.




Laporan Laba Rugi Perusahaan Dagang


Tujuan membuat laporan keuangan usaha dagang ini adalah untuk menyajikan laporan laba rugi dan laporan neraca.


Pada pembukuan sederhana di excel ini laporan laba rugi akan tersaji 100% otomatis, tidak perlu Anda input manual. Perhatikan gambar laporan laba rugi excel berikut ini.




Laporan Neraca Perusahaan Dagang


Selanjutnya kita akan membahas laporan neraca untuk perusahaan dagang. Laporan neraca adalah suatu laporan keuangan yang menunjukkan posisi keuangan perusahaan pada suatu periode tertentu.


Laporan neraca merupakan salah satu hal yang wajib untuk disajikan dari 5 laporan keuangan utama dalam pembukuan.


5 laporan keuangan itu adalah laporan laba rugi, laporan neraca, laporan ekuitas, laporan arus kas dan catatan atas laporan keuangan.


Laporan neraca mempunyai tiga komponen utama yaitu aset, kewajiban dan modal. Antara debet dan kredit pada laporan neraca harus seimbang. Berikut ini gambar laporan neraca pada perusahaan dagang yang ada pada download format neraca excel.




Kartu Stok Otomatis


Bagi perusahaan dagang mengelola persediaan barang dagangan atau stok barang adalah suatu hal yang penting.


Anda diwajibkan memiliki sebuah sistem perencanaan yang terorganisir dan strategi pengendalian dari stok barang persediaan yang ada di gudang.


Namun jika Anda masih melakukan pencatatan stok barang dengan cara manual maka Anda tentu saja akan merasa sangat kerepotan untuk menangani hal tersebut.


Nah untungnya pada format laporan penjualan excel tersedia juga program stok persediaan barang untuk mengelola data stok barang perusahaan dagang.


Salah satu fitur andalan yang tentu berguna untuk Anda dari program stok barang yaitu kartu stok persediaan barang. Kartu stok ini bekerja dengan sistem 100% otomatis.


Yang perlukan Anda lakukan hanyalah input data keluar masuk barang dagangan kemudian kartu stok akan tersaji. Berikut ini adalah gambar dari kartu stok persediaan barang yang ada di program kartu stok.




Penjualan Per Produk


Untuk mengelola seluruh item barang terjual, tentu Anda ingin memiliki data penjualan produk barang dagangan pada perusahaan dagang Anda.


Pada aplikasi persediaan barang ini juga tersedia fitur laporan penjualan produk otomatis 100% tanpa perlu Anda input manual. Data ini akan otomatis berubah jika ada transaksi baru yang diinput di tabel jurnal.


Dibawah ini ditampilkan contoh gambar dari laporan penjualan produk yang ada pada aplikasi stok barang excel.




Penjualan Per Reseller


Untuk perusahaan dagang yang memiliki reseller atau toko cabang, Anda bisa memanfaatkan fitur penjualan reseller yang ada pada program persediaan stok barang.


Tabel laporan penjualan per reseller ini menampilkan berapa banyak penjualan yang sudah terjadi di reseller Anda atau toko cabang perusahaan Anda. Untuk lebih jelasnya silakan lihat gambar di bawah ini.




Penjualan Produk Per Reseller


Tidak hanya sampai pada laporan penjualan per reseller, pada aplikasi penjualan barang juga tersedia fitur laporan penjualan produk per reseller.


Tabel laporan ini menampilkan perincian produk apa saja yang telah terjual oleh reseller atau toko cabang Anda. Perhatikan gambar laporan penjualan produk per reseller di bawah ini.




Laporan Sisa Stok


Terakhir sebagai penutup adalah fitur Laporan Sisa Stok. Laporan sisa stok merangkum semua data produk yaitu stok awal, banyaknya barang masuk, banyaknya barang keluar, dan stok akhir pada periode tertentu.


Laporan sisa stok bisa Anda lihat contoh tampilannya pada program pembukuan penjualan excel berikut ini.



Jika dikerjakan secara manual, proses pembukuan diatas tentu saja akan sangat merepotkan dan tidak efisien.


Untuk alasan itulah kemudian, software akuntansi dihadirkan untuk membantu proses penyusunan laporan keuangan menjadi lebih mudah, praktis, dan juga cepat untuk dilakukan.


COBA GRATIS SOFTWARE LAPORAN KEUANGAN EXCEL PERUSAHAAN DAGANG




COBA GRATIS PROGRAM STOK PERSEDIAAN BARANG EXCEL UNTUK PERUSAHAAN DAGANG



Aplikasi Akuntansi Dagang Excel adalah sebuah software akuntansi berbasis excel yang sangat mudah untuk dioperasikan. Sistemnya yang sederhana akan memudahkan siapa pun untuk menggunakannya dengan mudah.


Dan selain kemudahan sistem operasi, akutansi keuangan excel ini juga memiliki banyak lagi keunggulan lainnya sebagai sebuah software akuntansi pilihan.


Lantas apa saja keistimewaan jika Anda menggunakan aplikasi akuntansi excel sederhana? Berikut adalah beberapa di antaranya:

  1. Aplikasi Akuntansi ini harganya lebih terjangkau.

  2. Aplikasi Akuntansi bisa dipakai di banyak komputer.

  3. Tanpa ada jangka waktu berlaku (investasi seumur hidup).

  4. Lebih sederhana dan simple (cocok untuk usaha kecil dan menengah.

  5. Bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan perusahaan.

  6. Terdapat video panduan step by step dari awal hingga menjadi laporan keuangan.

  7. Tersedia versi trial coba gratis yang dapat diunduh secara gratis

  8. Tersedia bonus-bonus gratis berbasis excel


Dengan segala keunggulan yang dimilikinya, aplikasi akuntansi untuk PC ini akan menjadi alat yang membantu Anda dalam mengerjakan laporan keuangan perusahaan dagang secara lebih efisien. Berikut ini adalah contoh bonus yang sudah menanti Anda.





CEK TAMPILAN BONUS-BONUS GRATIS DISINI





#LaporanKeuanganPerusahaanDagang #LaporanKeuanganPerusahaanDagangdiIndonesia #ProgramAplikasiAkuntansiExcel

169 views0 comments