CONTOH NERACA KEUANGAN SEDERHANA PADA PERUSAHAAN

Updated: Mar 27



Sebelum membahas kedalam pembahasan yang lebih jauh, sebagai seorang pengusaha ataupun akuntan, tentunya Anda harus mengetahui apa itu neraca? Neraca secara arti bahasa adalah timbangan, artinya harus seimbang. Neraca jika diartikan bebas bisa berarti jumlah sisi aktiva atau harta perusahaan harus seimbang (sama jumlahnya) dengan jumlah kewajiban ditambah dengan modal yang disetor.


Ada perusahaan yang hanya cukup membuat neraca per periode nya dan ada pula perusahaan yang membuat neraca perbandingan, yaitu neraca periode berjalan di bandingkan dengan neraca periode lalu. Hal ini berguna untuk mengukur kinerja perusahaan dan untuk mengetahui apakah jumlah harta perusahaan meningkat atau menurun.


Neraca merupakan suatu posisi dimana letak keuangan usaha kita berada pada saat periode tertentu. Melalui neraca ini kita bisa mengetahui berada di level manakah keuangan perusahaan kita.


Besarnya total suatu aset dan kewajiban harus sama, atau dengan kata lain harus memiliki keseimbangan. Jika hal ini tidak terjadi maka, bersiaplah untuk mengalami kesalahan dalam merekap keuangan usaha anda. Kemudian yang tidak kalah pentingnya lagi untuk diperhatikan ialah, setiap uang yang telah masuk maupun keluar, harus tidak boleh luput dari perhatian supaya laporan neraca keuangan sederhana bisa balance.


Laporan neraca keuangan sederhana pada perusahaan terdiri dari harta (aktiva), utang (kewajiban) dan modal (ekuitas). Rumus neraca keuangan pada dasarnya adalah sbb :




BENTUK-BENTUK LAPORAN NERACA


Setelah kita mengetahui arti dari neraca keuangan perusahaan, maka selanjutnya kita akan membahas bentuk-bentuk laporan neraca. Tidak hanya neraca keuangan, laporan keuangan lainnya juga memiliki beberapa bentuk format yang berbeda. Namun yang akan dibahas disini adalah bentuk-bentuk dari laporan neraca. Neraca keuangan memiliki 2 bentuk yaitu neraca bentuk skontro dan neraca bentuk staffel. Perbedaan antara keduanya bisa kita lihat melalui gambar di bawah ini.


LAPORAN NERACA BENTUK SKONTRO





LAPORAN NERACA BENTUK STAFFEL



Kedua bentuk diatas memiliki perbedaan yang tipis dan pada dasarnya tidak berbeda. Intinya adalah keseimbangan antara aktiva dan kewajiban + modal. Model apapun dari neraca yang Anda pakai, Anda tetap dapat mendapatkan informasi penting dari suguhan neraca keuangan sederhana usaha Anda.


Selain bentuknya yang beragam, neraca juga memiliki fungsi penting untuk kelangsungan kinerja perusahaan Anda. Fungsi neraca intinya adalah untuk mengambarkan kesehatan keuangan usaha yang sedang berjalan, meramalkan kondisi arus kas di masa depan. Fungsi neraca juga bisa untuk analisis likuiditas dan fleksibilitas keuangan usaha Anda.


Nah, jika Anda sekarang sedang binggung untuk mulai membuat neraca keuangan usaha, Anda tidak perlu membuatnya dengan cara manual, karena akan sangat menjemukan dan membuang banyak waktu Anda. Kabar baiknya, sekarang tersedia program untuk download neraca keuangan excel.


Mengapa harus memakai program aplikasi laporan keuangan? Karena dengan hanya menggunakan program laporan keuangan excel ini semua perhitungannya otomatis, Anda hanya cukup input data-data transaksi usaha yang terjadi kemudian buku besar sudah otomatis dan laporan neraca keuangan juga tersaji otomatis 100%. Tentunya sangat menghemat waktu Anda bukan? Format neraca keuangan excel bisa Anda dapatkan dibawah ini sekarang juga.


DOWNLOAD FORMAT NERACA KEUANGAN EXCEL OTOMATIS SEKARANG!


76 views0 comments