CARA SIMPLE MENGELOLA KEUANGAN USAHA SKALA KECIL

Updated: 6 days ago



Kendala ketika memiliki usaha kecil adalah Anda kurang mahir untuk mengkontrol uang masuk dan uang keluar. Semua tenaga dan waktu Anda terbatas hanya untuk fokus pada omset penjualan. Padahal Anda ingin sekali mengelola keuangan usaha Anda yang belum rapi terkontrol. Lantas bagaimana mengatasinya? Berikut ini tipsnya.



PISAHKAN UANG PRIBADI DENGAN UANG USAHA



Memisahkan uang pribadi dengan uang usaha untuk awal-awalnya memang sangat melelahkan, namun hal ini sangat berguna untuk mengontrol keuangan usaha kecil Anda. Karena Anda akan langsung mengetahui, berapa jumlah uang cash usaha Anda secara real. Berapa real omset yang telah Anda dapatkan. Jadi mulailah memisahkan dengan disiplin uang pribadi dengan modal usaha.



MEMBUAT RENCANA BUDGET PENGELUARAN USAHA



Membuat rencana budget pengeluaran usaha sangat diperlukan untuk mengkontrol pengeluaran yang tidak semestinya terjadi. Dengan memiliki anggaran pengeluaran, pada akhir bulan Anda bisa membandingkan pengeluaran yang sebenarnya dengan anggaran yang di buat di awal bulan. Ini membantu Anda untuk dapat mengevaluasi pengeluaran yang terlalu berlebihan. Sehingga tidak ada lagi kebocoran uang usaha karena semuanya sudah sesuai rencana anggarannya.



TENTUKAN GAJI UNTUK DIRI SENDIRI


Mengapa Anda harus menentukan gaji untuk diri sendiri? Karena ini berkaitan dengan point pertama yaitu "pisahkan uang pribadi dengan uang usaha". Jangan sampai keuntungan usaha yang baru saja di terima langsung di gunakan untuk konsumsi pribadi. Akibatnya usaha Anda jadi tidak punya modal tambahan untuk berkembang. Tentunya Anda tidak ingin terjadi hal yang demikian bukan?



GUNAKAN PEMBAYARAN TUNAI DAN HINDARI HUTANG PIUTANG


Hutang dan piutang adalah hal yang harus Anda hindari demi kelangsungan perputaran usaha kecil Anda. Hutang artinya uang supplier berhenti di Anda dan piutang artinya uang Anda berhenti di customer.


Kendala usaha skala kecil adalah tidak memiliki banyak modal usaha, jadi ketika Anda memberikan piutang kepada customer, itu artinya modal Anda yang terbatas sedang berhenti di customer tersebut. Semakin banyak piutang maka akan semakin banyak modal Anda yang berhenti dan tidak bisa berputar untuk roda usaha Anda.


Solusinya adalah Anda harus mengandalkan pembelian dan penjualan tunai. Ini akan membuat sehat perputaran bisnis kecil Anda. Usaha Anda akan semakin mudah untuk berkembang karena memiliki kecukupan uang cash. Usaha seperti ini adalah ciri-ciri usaha yang sehat.



PAKAI PROGRAM PEMBUKUAN KEUANGAN SEDERHANA



Dalam kesehariannya, tentu Anda fokus dengan mengelola usaha demi mengejar omset penjualan. Banyak transaksi uang masuk dan uang keluar yang terjadi di usaha Anda. Namun seringkali Anda lupa mencatat kas uang masuk dan uang keluar karena kesibukan Anda. Padahal mencatat transaksi usaha dan membuat pembukuan sederhana itu sangat diperlukan untuk mengetahui laba rugi dan neraca keuangan usaha Anda. Lantas bagaimana solusinya?


Gunakanlah Aplikasi Pembukuan Keuangan Excel. Mengapa memakai excel? Karena excel sangat flesibel dan cocok digunakan untuk membuat pembukuan laporan keuangan sederhana.


Mengapa tidak melakukan pencatatan manual saja?


Anda bisa saja melakukan pencatatan manual, namun Anda harus meluangkan banyak waktu, pikiran dan tenaga untuk membuat pembukuan manual. Sedangkan hal yang lebih penting yaitu menaikkan omset penjualan juga harus Anda lakukan sendiri. Apakah Anda siap berbagi waktu untuk melakukan semua itu?


DAPATKAN BUKU BESAR OTOMATIS DISINI!




Tidak demikian jika Anda menggunakan aplikasi pembuat laporan keuangan. Dengan melakukan investasi pembelian lisensi aplikasi akuntansi excel 1x saja, Anda sudah bisa terbebas dari rutinitas yang menjemukan untuk menyajikan laporan laba rugi dan neraca keuangan sederhana. Anda akan sangat banyak terbantu dengan aplikasi keuangan yang sudah otomatis ini. Anda hanya cukup mengisi data transaksi usaha dan kemudian semua laporan keuangan usaha kecil Anda otomatis tersaji. Luar biasa bukan?


Kalau begitu, bagaimana cara download program laporan keuangan sederhana excel? Caranya silahkan klik link di bawah ini kemudian ikuti petunjuk yang sudah disediakan. Mungkin Anda masih ragu dan belum yakin bisa menggunakannya atau tidak ya? Jangan khawatir karena disini juga disediakan video tutorial step by step dari awal hingga menjadi laporan keuangan siap saji. Dan jika Anda masih mengalami kesulitan juga, tersedia customer service yang siap membantu Anda.


DOWNLOAD APLIKASI LAPORAN KEUANGAN EXCEL UNTUK MENGOTOMATISASI KEUANGAN USAHA ANDA





12 views0 comments

ProgramExcel.ID

Jl. Manunggal Pratama No.8 Kelurahan Cipinang Melayu Kecamatan Makasar Jakarta Timur.

Jakarta - Indonesia, 13620.

Email : admin@programexcel.id

Call / WA : 0852 1355 6300

Tentang Kami

  • Facebook
  • Instagram
  • YouTube
This site was designed with the
.com
website builder. Create your website today.
Start Now