CARA MEMBUAT LAPORAN KEUANGAN SECARA OTOMATIS

Updated: 6 days ago


Setiap perusahaan selalu memiliki data transaksi usaha yang harus di catat untuk di laporkan kepihak manajemen. Ada perusahaan yang menggunakan karyawan accounting tetap dan ada juga yang memakai jasa akuntan proffesional freelance untuk membuat laporan keuangan usaha yang dijalani. Bahkan ada juga perusahaan yang masih berkembang, si pemilik usahanya sendiri yang membuatkan laporan keuangan. Tentunya masing-masing keputusan mempunyai kendala dan keuntungan sendiri-sendiri. Mari kita bahas pada uraian di bawah ini.


Beberapa pemilik usaha sering mengeluhkan tentang sulitnya cara membuat laporan keuangan untuk usahanya. Mereka merasa kewalahan dengan waktu dan tenaga yang diperlukan untuk membuat laporan keuangan manual. Apakah Anda tahu bahwa sekarang ada aplikasi akuntansi berbasis excel yang dapat membuat laporan keuangan usaha menjadi lebih otomatis?


Cara membuat laporan keuangan di program excel akuntansi ini sangat mudah dan semua serba otomatis. Mari kita bahas cara pakai program aplikasi akutansi excel ini untuk membuat laporan keuangan sederhana.


Hal yang pertama kali harus Anda lakukan adalah membuat Kode Akun yang ada di perusahaan Anda. Kode akun berguna sebagai master nama pos pos akun untuk mengelompokkan setiap transaksi. Tampilan kode akun aplikasi excel untuk akuntansi adalah sebagai berikut.



Setelah kode akun sudah selesai Anda input, langkah selanjutnya adalah input semua transaksi di Jurnal umum. Anda hanya cukup input semua transaksi ke jurnal umum, tidak ada kolom yang lainnya. Jurnal umum terdiri dari kolom tanggal transaksi, nomor bukti jika ada, kolom keterangan transaksi usaha, kemudian kode akun dan nama akun usaha, dilengkapi dengan nama supplier dan nama customer untuk hutang piutang yang terjadi disertai dengan tanggal jatuh tempo pembayaran, kemudian yang terakhir adalah kolom jumlah nominal rupiahnya, debet dan kredit harus balance. Jurnal umum untuk laporan keuangan tampilannya seperti berikut ini.



Setelah jurnal umum sudah di input maka kerjaan berikutnya sudah otomatis. Buku besar dan laporan Neraca dan Laba Rugi sudah tersaji. Sekarang kita akan membahas kolom buku besar. Di sheet buku besar Anda hanya perlu klik-klik dan mengganti-ganti saja kode akunnya, lalu semua mutasi di kode akun itu akan muncul otomatis. Untuk lebih jelasnya tentang buku besar otomatis pada program akuntansi excel kita lihat tampilannya seperti berikut ini.



Selanjutnya, khusus bagi usaha dagang dan usaha produksi yang mempunyai perhitungan stok barang milik sendiri, pada aplikasi excel akuntansi ini juga dilengkapi dengan fitur perhitungan HPP otomatis. Hal ini sangat mempermudah pekerjaan pembukuan usaha Anda sehingga Anda dapat dengan cepat mengetahui untung atau rugi proses usaha Anda. Cara menghitung HPP otomatis adalah seperti tampilan berikut ini.


Berikutnya kita lihat cara membuat laporan keuangan neraca lajur, neraca dan laba rugi yang semuanya sudah serba otomatis 100%. Anda hanya tinggal menikmati hasil perhitungannya saja tanpa perlu bersusah payah lagi menghitung manual. Berikut ini adalah tampilan neraca lajur pada aplikasi akuntansi excel program siap pakai.



Nah, kemudian berikutnya kita akan bahas sheet neraca dan laba rugi. Disini Anda tidak perlu melakukan pekerjaan apapun lagi sama seperti di neraca lajur, semuanya sudah 100% otomatis. Untuk lebih jelasnya mari kita lihat tampilan Neraca pada program akuntansi jasa dan dagang siap pakai berikut ini.




Setelah Anda menyimak penjelasan cara membuat laporan keuangan sederhana diatas, Anda sudah menyadari betapa banyak kemudahan yang akan Anda dapatkan ketika Anda menggunakan program excel akuntansi ini. Untuk mempelajari cara aplikasi akuntansi excel ini lebih jauh lebih baik kunjungi saja langsung websitenya, aplikasiakuntansiexcel.com. Jika Anda masih ragu, lebih baik Anda mencoba dulu saja versi trialnya yang sudah di sediakan di bawah ini.


COBA GRATIS VERSI TRIAL CARA MEMBUAT LAPORAN KEUANGAN DENGAN APLIKASI AKUNTANSI EXCEL SEKARANG!


Aplikasi ini selain sangat powerfull untuk membuat laporan keuangan sederhana, juga di lengkapi dengan bonus-bonus program bisnis berbasis excel yang tentu saja bisa berguna untuk menunjang kelangsungan bisnis Anda. Bonus-bonus yang akan Anda dapatkan bisa dilihat dulu tampilannya disini.



LIHAT TAMPILAN BONUS-BONUS PROGRAM EXCEL SEKARANG!




8 views0 comments

ProgramExcel.ID

Jl. Manunggal Pratama No.8 Kelurahan Cipinang Melayu Kecamatan Makasar Jakarta Timur.

Jakarta - Indonesia, 13620.

Email : admin@programexcel.id

Call / WA : 0852 1355 6300

Tentang Kami

  • Facebook
  • Instagram
  • YouTube
This site was designed with the
.com
website builder. Create your website today.
Start Now