STEP BY STEP CARA MEMBUAT PEMBUKUAN SEDERHANA

Updated: Apr 9



Perlu diperhatikan dari contoh pembukuan sederhana yang harus anda ketahui terdari dari Petty Cash Renciliation (pencatatan uang modal untuk perputaran usaha pada hari tersebut), Kartu Stok Barang (sangat berguna dalam memonitor posisi stok suatu jenis dalam setiap harinya), Laporan Arus Kas Harian (per hari), Sistem Pengkodean Barang (pengaturan kode, sehingga prosesnya cepat diselesaikan), Alur Pencatatan Kasir (alur kerja pencatatan yang biasa dilakukan oleh kasir), dan yang terakhir adalah alur Pelayanan Konsumen (tahapan pelayanan terhadap konsumen dan pencatatan transaksi yang terjadi).


Pembukuan transaksi dalam suatu perusahaan sangat penting dilakukan. Namun tidak semua perusahaan mempunyai SDM dengan kemampuan accounting yang mencukupi. Perusahaan yang memiliki karyawan akunting harus siap mengeluarkan budget yang banyak untuk membayar jasa karyawan tersebut. Lalu, bagaimana dengan perusahaan yang tidak punya budget untuk membayar karyawan akunting?


Ada alternatif lain, yaitu menggunakan jasa akuntan proffesional freelance. Hal ini bisa membantu para pemilik usaha kecil dan baru mulai berkembang seperti Anda untuk mendapatkan laporan keuangan usaha tanpa harus membayar karyawan dengan gaji bulanan. Dengan menggunakan jasa akuntan untuk membuat laporan keuangan, Anda bisa bebas dan tidak terikat dengan gaji bulanan karyawan akunting.




RASAKAN KEMUDAHAN DALAM MEMBUAT PEMBUKUAN SEDERHANA DENGAN HANYA MENGGUNAKAN JASA INI



Namun, jika Anda mampu mengolah data transaksi usaha dan mengetahui ilmu akuntansi dasar, akan lebih baik lagi jika Anda sendiri yang membuat pembukuan sederhana menjadi laporan keuangan, tentu saja hal ini akan lebih menghemat budget pengeluaran usaha Anda. Dananya bisa Anda gunakan untuk mengembangkan usaha.


Untuk mengolah data transaksi usaha tidak perlu lagi menggunakan cara manual seperti perusahaan - perusahaan yang tidak mengenal perkembangan zaman. Sekarang untuk membuat laporan keuangan otomatis, tidak serumit yang Anda bayangkan. Bagaimana caranya?


Caranya adalah Anda menggunakan program akuntansi excel siap pakai untuk membuat laporan keuangan. Jadi Anda hanya perlu meng-input data transaksi usaha Anda kemudian selanjutnya semuanya akan otomatis terhitung. Buku besar dan laporan keuangan neraca dan laba rugi akan tersaji real time.


Untuk lebih jelasnya mari kita bahas cara membuat pembukuan sederhana dengan hanya menggunakan aplikasi akuntansi excel program siap pakai untuk membuat laporan keuangan.


Berikut ini adalah sheet jurnal umum. Semua transaksi usaha akan Anda input disini untuk di rekam datanya oleh aplikasi excel akuntansi otomatis ini. Cara inputnya sangat mudah, Anda hanya perlu mengikuti petunjuk di setiap kolom yang ada dan mengisi data yang sebenarnya sesuai dengan kenyataan yang terjadi di lapangan.



Setelah Anda input transaksi di jurnal umum, silahkan beralih ke buku besar. Di buku besar semua mutasi yang telah Anda input otomatis 100% muncul dan update ketika Anda menambahkan transaksi baru. Disini Anda tidak perlu mengisi manual karena semuanya sudah 100% otomatis.



Begitu pula dengan lembar neraca lajur, laba rugi dan neraca pada program aplikasi pembukuan sederhana ini. Semuanya juga sudah otomatis, tidak perlu ada input manual apapun lagi.





Bagaimana menurut Anda? Tentu saja menarik bukan? Penjelasan diatas merupakan sebagian kecil dari keunggulan yang bisa Anda rasakan manfaatnya jika Anda telah memakai aplikasi akuntansi pembukuan sederhana ini. Penasaran untuk mengetahui fiturnya lebih lanjut? Mari kita kunjungi saja website resminya disini.



COBA GRATIS PROGRAM AKUNTANSI UNTUK MEMBUAT PEMBUKUAN SEDERHANA



Disini Anda akan diberi pilihan untuk menggunakan program akuntansi pembukuan yang mana? Pilih yang cocok dengan usaha yang sedang Anda jalankan. Ada akuntansi untuk usaha jasa, ada juga akuntansi untuk perdagangan dilengkapi dengan program stok barang. Ada pula akuntansi khusus untuk usaha produksi atau manufakturing, ini dilengkapi dengan perhitungan HPP otomatis. Tentu sangat berguna buat Anda yang sedang pusing menghitung HPP usaha Anda.



Program akuntansi excel siap pakai ini juga dilengkapi dengan segudang bonus-bonus program berbasis excel yang pastinya sangat bermanfaat untuk menunjang kelancaran bisnis Anda. Salah satunya adalah program invoice penjualan.



16 BONUS PROGRAM BISNIS GRATIS SUDAH MENANTI ANDA









33 views0 comments