CARA MUDAH MEMBUAT CONTOH PEMBUKUAN SEDERHANA USAHA KECIL

Updated: Apr 5




Keuangan adalah salah satu sektor paling fundamental bagi sebuah perusahaan. Baik perusahaan besar, menengah atau bahkan usaha skala kecil sekali pun, keuangan merupakan sesuatu yang harus ditangani dengan teliti, cermat dan juga efisien.


Salah satu dari bentuk penanganan keuangan usaha yang baik adalah dengan membuat pembukuan keuangan yang rapi, teratur dan juga sistematis.


Bagi bisnis besar dengan nilai aset yang melimpah, pembukuan keuangan tentu di-handle oleh para akuntan profesional yang sudah sangat berpengalaman.


Dibandingkan perusahaan yang lebih besar, perusahaan kecil tentu tidak dapat dengan mudah membayar akuntan handal untuk menangani keuangan perusahaan mereka.



CEK JASA PEMBUATAN LAPORAN KEUANGAN PROFESSIONAL DISINI!



Namun, bagaimana jika Anda ingin membuat laporan keuangan untuk bisnis kecil dan menengah?


Apakah ada alat bantu untuk membuat pembukuan sederhana usaha kecil atau pun menengah yang dapat digunakan secara efektif? Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, simak ulasannya berikut ini.



Langkah-langkah Membuat Contoh Pembukuan Sederhana Usaha Kecil


Karena keuangan usaha kecil dan menengah umumnya memfokuskan pada aliran uang yang tunai, maka pembukuan sederhana usaha kecil dan tak lepas dari kegiatan pencatatan arus kas.


Proses pencatatan arus kas dan laporan keuangan akan sangat melelahkan jika dilakukan secara manual, oleh karena itulah memang dibutuhkan sebuah alat bantu yang efektif untuk memudahkan prosesnya.


Untuk itu kita akan membahas cara membuat pembukuan sederhana dengan menggunakan akuntansi keuangan excel untuk bisnis usaha kecil. Sebelum membahasnya, sebaiknya Anda download dulu aplikasi akuntansi excel untuk membuat pembukuan otomatis di bawah ini.


DOWNLOAD APLIKASI AKUNTANSI EXCEL UNTUK PEMBUKUAN SEDERHANA OTOMATIS




Sebelum membahas laporan keuangan untuk usaha kecil ini secara lebih mendalam, Anda sebaiknya berkenalan dulu dengan Aplikasi Akuntansi Excel. Program Aplikasi Akuntansi siap pakai ini adalah sebuah software berbasis excel yang sangat powerfull untuk digunakan dalam proses penyusunan pembukuan keuangan usaha.


Aplikasi pencatatan akuntansi ini akan membuat pekerjaan membuat laporan keuangan menjadi sangat mudah, sederhana, simpel dan juga cepat dan real time. Dengan aplikasi pembukuan lengkap pelaku usaha kecil tidak perlu mengeluarkan biaya rutin yang mahal untuk membuat sebuah pembukuan keuangan layaknya hasil kerja seorang akuntan profesional.


Aplikasi excel penjualan dan pembelian ini akan memudahkan prosesnya. Dengan menginput data-data transaksi ke dalam jurnal umum yang telah disediakan pada form, maka semua laporan keuangan dan laporan utang piutang, arus kas, perubahan neraca dan lain sebagainya, akan otomatis dan sistematis.




Tahap awal menggunakan program ini Anda harus mengisi lengkap kode akun dan nama akun di tabel ini. Kode akun juga biasa disebut chart of account atau CoA. Cara pengisian kode akun dan nama akun bisa Anda lihat seperti contoh tabel kode akun pada aplikasi akuntansi keuangan di bawah ini.





Setelah selesai mengisi lengkap tabel kode akun, silakan beralih ke tabel jurnal umum. Pada tabel jurnal umum ini Anda diminta input setiap transaksi sehari-hari keuangan yang terjadi di Perusahaan.


Cara input transaksi pada akuntansi excel sederhana ini sangat simple karena tinggal mengikuti petunjuk dari setiap kolom yang tersedia.


Jurnal umum ini terdiri dari kolom tanggal, nomor bukti, keterangan transaksi, pos akun, nama hutang atau piutang, jatuh tempo pembayaran dan nominal jumlah debit kredit.


Periode transaksi ini bisa 1 bulanan, 3 bulanan, 6 bulanan dan bisa juga tahunan. Untuk lebih jelasnya silakan lihat tabel jurnal umum yang ada di aplikasi akuntansi keuangan berikut ini.





Pada pengisian jurnal umum juga tersedia fasilitas pencatatan utang piutang. Jika terjadi transaksi hutang maka isilah kolom tersebut dengan nama supplier Anda.


Dan jika terjadi transaksi piutang maka isilah kolom tersebut dengan nama customer Anda.


Berikut juga dengan tanggal jatuh tempo pembayaran hutang dan piutang pada transaksi tersebut. Isilah dengan lengkap sesuai data.


Kolom-kolom ini akan memudahkan Anda nantinya untuk mengetahui data hutang dan data piutang yang sudah terjadi di perusahaan Anda.


Perhatikan contoh gambar dari format pembukuan perusahaan berikut ini.





Setelah semua transaksi keuangan usaha sehari-hari telah diinput maka tampilan jurnal umum pada jurnal akuntansi excel menjadi seperti dibawah ini.


Tabel jurnal umum ini bisa membuat sampai ribuan transaksi dalam satu periode. Jadi Anda bisa leluasa untuk mengisinya tanpa harus merasa kekurangan. Perhatikan gambar di bawah ini.





Selanjutnya Anda bisa beralih ke buku besar setelah jurnal umum sudah terisi. Excel pembukuan akuntansi perusahaan memiliki fitur unggulan yaitu buku besar otomatis.


Pada tabel buku besar ini Anda tidak perlu melakukan pengerjaan apapun untuk mengolahnya. Semua sudah 100% otomatis.


Yang perlu Anda lakukan adalah hanya cukup mengganti-ganti kode akun melalui dropdown list sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Lalu tinggal print.


Mutasi debet kredit, saldo awal dan saldo akhir pada akun yang Anda pilih tersebut akan muncul rapi dan otomatis.


Tentunya hal ini sangat bermanfaat untuk menghemat waktu Anda. Untuk lebih jelasnya silakan lihat gambar buku besar akuntansi excel berikut ini.





Fitur andalan selanjutnya dari format laporan keuangan perusahaan dagang excel adalah perhitungan HPP penjualan otomatis. HPP penjualan adalah salah satu masalah besar bagi perusahaan dagang terlebih lagi bagi perusahaan manufaktur.


Aturan baku yang rumit dan sulit dimengerti menjadi kendala utama untuk membuat HPP secara manual. Namun jika Anda menggunakan templete pembukuan excel ini maka perhitungan HPP penjualan pada perusahaan dagang dan HPP produksi pada perusahaan manufaktur sudah otomatis.


Jadi Anda tidak perlu pusing dan repot lagi untuk memikirkan perhitungan HPP. Contoh HPP penjualan otomatis pada software akunting excel adalah seperti di bawah ini.




Laporan keuangan dari pembukuan usaha yang wajib di sajikan yaitu salah satunya adalah neraca. Arti dari neraca yaitu balance atau keseimbangan.


Menurut Wikipedia neraca atau laporan posisi keuangan adalah bagian dari laporan keuangan suatu perusahaan yang dihasilkan pada suatu periode akuntansi yang menunjukkan posisi keuangan berupa harta kewajiban dan modal.


Aset = Liabilitas + Ekuitas


Manfaat membuat neraca keuangan dalam perusahaan yaitu neraca dapat digunakan sebagai alat untuk menganalisa fleksibilitas keuangan usaha yang kemudian akan digunakan menjadi patokan untuk mengambil keputusan yang strategis.


Neraca berguna juga untuk menganalisa likuiditas, untuk kemudian nantinya akan menunjukkan kemampuan perusahaan dalam melunasi segala kewajiban jangka pendek maupun jangka panjang dengan kondisi harta yang dimilikinya.


Berikut ini adalah contoh tampilan neraca yang ada pada aplikasi neraca keuangan.





Laporan keuangan selanjutnya yaitu laporan laba rugi. Laporan laba rugi termasuk laporan yang wajib untuk disajikan oleh perusahaan.


Laporan laba rugi ini menampilkan semua pemasukan atau pendapatan perusahaan dikurangi dengan pengeluaran dan biaya-biaya selama berlangsungnya kegiatan usaha.


Hasil akhir dari laporan laba rugi adalah laba bersih atau rugi bersih. Jika pemasukan lebih besar daripada pengeluaran maka disebut laba bersih.


Dan jika pemasukan lebih kecil daripada pengeluaran maka disebut rugi bersih. Perhatikan contoh laba rugi di bawah ini yang ada pada download laporan laba rugi excel.





Fitur pada form kas excel selanjutnya adalah arus kas atau bisa disebut juga sumber dan penggunaan dana. Laporan arus kas sangat berguna untuk memberikan informasi akurat tentang keuangan usaha.


Laporan arus kas terdiri dari tiga bagian yaitu aktivitas operasi, aktivitas investasi dan aktivitas pendanaan.


Manfaat yang akan dirasakan ketika Anda memiliki laporan arus kas yaitu Anda dapat memiliki acuan dalam menyusun strategi keuangan kedepannya. Arus kas juga dapat memudahkan perusahaan untuk melakukan evaluasi kerja.


Perusahaan menjadi lebih mudah dalam mengukur keberhasilan bisnis dan bisa menjadi acuan peningkatan investasi suatu perusahaan.


Berikut ini adalah contoh tampilan arus kas yang terdapat pada format excel untuk laporan keuangan.





Fitur penting lainnya dari program ini adalah buku besar utang piutang. Buku besar ini bermanfaat untuk menampilkan mutasi hutang supplier dan mutasi piutang per customer.


Pada tabel buku besar hutang piutang ini seluruh perhitungannya otomatis 100%. Tidak perlu Anda input manual lagi.


Buku besar ini bisa terjadi karena jurnal umum sudah di input secara lengkap pada waktu sebelumnya. Berikut ini adalah contoh buku hutang piutang excel.





Ada beberapa alasan yang kuat mengapa Aplikasi Excel untuk laporan keuangan ini adalah sebuah software akuntansi excel laporan keuangan yang sempurna untuk akuntansi perusahaan skala kecil dan menengah.


Alasan-alasan ini sekaligus juga adalah keunggulan yang membuatnya menjadi salah satu aplikasi akuntansi paling direkomendasikan untuk membuat laporan keuangan yang komprehensif sekaligus juga mudah sederhana.


Beberapa keunggulan signifikan dari Aplikasi Akuntansi Excel yaitu sebagai berikut :

  1. Harga aplikasi yang lebih terjangkau dibandingkan aplikasi sejenis.

  2. Dapat dioperasikan pada banyak komputer atau laptop.

  3. Investasi seumur hidup karena program ini dapat digunakan tanpa ada batas waktu.

  4. Proses operasi dan penggunaan yang sederhana namun sangat powerfull untuk membuat laporan keuangan otomatis dan mudah.

  5. Dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

  6. Terdapat video panduan atau tutorial penggunaan step by step dari awal hingga menjadi laporan keuangan.

  7. Terdapat trial version yang 100% gratis untuk digunakan untuk membuat laporan keuangan.

  8. Berhak mendapatkan 16 bonus gratis berbasis excel untuk menunjang bisnis Anda.



Beragam Bonus Gratis Menanti Anda!





CEK TAMPILAN BONUS GRATIS DISINI!






#FormatBukuKasUmum #SoftwareBukuKasUmum #Suksesberwirausaha #usahabisniskecil

18 views0 comments

ProgramExcel.ID

Jl. Manunggal Pratama No.8 Kelurahan Cipinang Melayu Kecamatan Makasar Jakarta Timur.

Jakarta - Indonesia, 13620.

Email : admin@programexcel.id

Call / WA : 0852 1355 6300

Tentang Kami

  • Facebook
  • Instagram
  • YouTube
This site was designed with the
.com
website builder. Create your website today.
Start Now