CONTOH DAN CARA MEMBUAT LAPORAN KEUANGAN USAHA KECIL DENGAN MUDAH

Updated: Apr 28

Sebenarnya cara membuat laporan keuangan usaha kecil atau menengah secara mandiri tidaklah sulit. Namun, beberapa pelaku usaha mengabaikannya lantaran menganggap prosesnya mungkin terasa rumit.


Dengan aplikasi siap pakai dan sistematis berbasis program excel, membuat laporan keuangan bahkan dapat dilakukan dengan sangat mudah dan otomatis.


Lantas, bagaimanakah cara membuat laporan keuangan yang cermat, efektif, sekaligus akurat untuk berbagai usaha kecil dan menengah? Yuk, simak panduan dan caranya berikut ini.



Panduan, Contoh dan Cara Membuat Laporan Keuangan Usaha Kecil yang Mudah serta Efektif

Pembukuan keuangan sederhana untuk usaha kecil dan menengah merupakan suatu aktivitas yang dilakukan untuk mendata atau mendokumentasikan segala transaksi yang terjadi pada usaha skala kecil dan menengah.


Dengan kata lain, pembukuan sederhana ini bisa diartikan sebagai pencatatan secara teratur, rutin, dan sistematis yang berkaitan dengan perubahan transaksi yang terjadi pada penghasilan, pengeluaran mau pun kekayaan yang anda peroleh.


Dari pembukuan bendahara tersebut, setidaknya akan ada laporan-laporan keuangan pada setiap bulannya.


Laporan keuangan tersebut terdiri dari laba rugi, neraca, dan laporan perubahan posisi keuangan perusahaan, juga berupa laporan arus kas dan laporan arus dana.


Pencatatan jurnal atau pembukuan keuangan sederhana menjadi salah satu hal yang wajib dilakukan oleh pengusaha dalam segala jenis dan skala kapasitas perusahaan. Tak terkecuali usaha skala kecil dan menengah sekali pun.


Pembukuan sederhana usaha kecil sangat perlu dilakukan supaya keuangan usaha akan lebih mudah diatur dan dapat terlihat dengan jelas.


Menariknya, pembukuan seperti ini mudah saja dilakukan, asalkan dengan fasilitas yang mendukung. Dan berikut adalah cara membuat dan contoh laporan keuangan usaha kecil menengah yang bisa anda ikuti.



Cara Membuat Pembukuan Sederhana untuk Usaha Kecil Menggunakan Aplikasi Akuntansi Excel


Ada beberapa tahapan yang dapat Anda ikuti untuk membuat laporan keuangan untuk usaha kecil dengan menggunakan aplikasi akuntansi excel.


Untuk memulai tutorial cara membuat pembukuan keuangan usaha kecil menggunakan program excel yang sistematis dan praktis, Anda sebaiknya mengunduh program excel siap pakai dibawah ini terlebih dahulu.


Program ini sangat sederhana, lengkap, sekaligus juga otomatis, sehingga penggunaannya pun akan sangat mudah dipahami. Anda dapat men-download program ini melalui tautan di bawah ini.


DAPATKAN PROGRAM EXCEL SIAP PAKAI UNTUK MEMBUAT LAPORAN KEUANGAN DENGAN INSTANT



Input Semua Transaksi di Jurnal Umum


Jika sudah berhasil men-download software akuntansi gratisnya, anda dapat memulai membuat laporan keuangan usaha kecil dengan membuka sheet jurnal umum. Pada jurnal umum, berbagai data transaksi dapat mulai di-input.


Semua transaksi usaha yang terjadi dalam kurun waktu yang ditetapkan, termasuk pembelian dan penjualan, serta transaksi lainnya, dapat dicatat atau di-posting disini. Untuk nama akunnya sendiri, dapat dipilih melalui menu dropdown list yang sudah tersedia.


Untuk lebih jelasnya, perhatikan panduan dan contoh dan cara membuat pembukuan keuangan di bawah ini.



Isi Daftar Hutang Piutang


Masih berfokus pada jurnal umum, langkah selanjutnya dalam membuat contoh laporan keuangan usaha kecil menengah adalah dengan mengisi hutang piutang pada software akuntansi excel.


Kolom hutang piutang adalah kumpulan daftar supplier tempat berhutang dan juga kumpulan data customer yang memiliki piutang dengan usaha Anda. Kolom hutang piutang digunakan untuk mencatat keluar masuk hutang dan piutang usaha.


Dengan demikian arus transaksional berupa utang piutang dapat tercatat lebih rapi dan tertata. Namun jika memang tidak digunakan, form ini juga dapat Anda kosongkan.


Untuk memperjelas proses pada tahap ini, coba perhatikan aplikasi akuntansi excel yang Anda download seperti di bawah ini.



Memantau Mutasi Transaksi pada Buku Besar


Setelah selesai melakukan input atau posting transaksi di jurnal umum, langkah yang kemudian dilakukan sebagai cara membuat contoh laporan keuangan sederhana excel ini adalah dengan memantau transaksi pada buku besar.


Buku besar merekam semua transaksi dan mutasi dari kode akun yang tersedia. Anda dapat melihat keseluruhan catatan transaksi yang terjadi terhadap suatu akun dengan menggulirkan menu dropdown pada bagian atas sheet.


Transaksi berupa pembelian, penjualan, dan lain sebagainya atas satu akun, akan ditampilkan dengan lengkap dalam buku besar.


Jadi, silahkan pilih satu kode akun untuk memunculkan mutasi dari semua transaksi yang ada. Misalnya kode akun kas atau pun kode akun bank. Untuk lebih mudah memahaminya, silahkan lihat contoh buku besar excel download berikut ini.



Mutasi Pembelian Otomatis


Selanjutnya di bawah ini adalah buku besar dari nama akun persediaan barang dari pembelian yang dilakukan oleh perusahaan, sebagai contoh dari pembukuan sederhana usaha kecil dan menengah yang dapat Anda praktikkan dengan mudah.



Contoh Tampilan Transaksi dan Pencatatan dalam Aplikasi Akuntansi Excel Siap Pakai yang Bisa Didownload Secara Gratis


Ada banyak hal yang akan membuat software akuntansi semakin nyaman untuk anda gunakan. Salah satu misalnya adalah, bahwa nama akun dari aplikasi pembukuan excel ini bisa diganti-ganti dan dipilih sesuai dengan kebutuhan anda.


Coba perhatikan gambar di bawah ini dari format laporan penjualan excel untuk lebih jelasnya.



Tampilan Jurnal Umum


Berikut ini adalah contoh pembukuan sederhana excel pada jurnal umum setelah semua transaksi penjualan dan pembelian di posting.


Tampilan yang komprehensif akan memudahkan anda untuk memantau semua transaksi yang telah terjadi di perusahaan anda secara lebih sederhana dan sistematis.



Tampilan Persediaan Barang


Pada tampilan nama akun persediaan barang, anda juga dapat melihat semua transaksi yang terjadi dan pengaruhnya dengan persediaan barang pada perusahaan anda miliki.


Baik transaksional yang sifatnya pembelian, penjualan, retur atau yang lainnya, semua akan ditampilkan secara lengkap dan mudah dibaca dalam tampilan aplikasi ini.




Tampilan Hutang Dagang


Selanjutnya, berikut adalah contoh pembukuan sederhana laporan keuangan usaha kecil xls pada buku besar dengan nama akun hutang dagang.


Pada tampilan ini, semua transaksi yang berkaitan dengan hutang dagang akan dimunculkan secara otomatis.



Tampilan Akun Bank


Di bawah ini adalah contoh tampilan buku besar nama akun salah satu bank yang bisa digunakan untuk pembukuan sederhana menggunakan excel.


Transaksi yang terjadi pada bank tersebut berupa pembayaran hutang dan lain sebagainya, akan di-record secara sistematis pada bagian ini.


Coba perhatikan gambar di bawah ini.

Pembukuan Sederhana Keuangan Usaha Kecil 9


Tampilan Piutang Dagang


Di bawah ini adalah contoh tampilan buku besar piutang dagang yang dapat dijadikan contoh pembukuan harian menggunakan aplikasi akuntansi excel program siap pakai. Perhatikan bagaimana mudah dan simpelnya pembukuan keuangan usaha menggunakan aplikasi ini.

Pembukuan Sederhana Keuangan Usaha Kecil 10


Mengapa Pembukuan Keuangan pada Usaha Kecil Sangat Penting?

Meskipun usaha yang sedang digeluti masih tergolong kecil, sebaiknya anda juga perlu melakukan pembukuan sederhana.

Dengan pembukuan sederhana maka segala income berupa pendapatan mau pun pengeluaran bisa bisa diatur sesuai dengan jumlah keuntungan yang didapatkan.


Untuk membuat pembukuan tersebut, tentu saja diperlukan adanya alat berupa aplikasi pembukuan sederhana usaha kecil.


Aplikasi ini akan mampu membantu dan memudahkan proses pembuatan laporan keuangan yang didapatkan setiap harinya. Dengan demikian, kesalahan yang terjadi misalnya akibat human error, setidaknya lebih bisa untuk dihindari.


Ada pun contoh laporan keuangan usaha kecil menengah seperti di atas, tentu saja dapat anda praktikkan untuk usaha anda nantinya.


Selain lebih efektif, anda juga tidak perlu pusing-pusing memikirkan rumitnya pencatatan data seperti seorang akuntan kantoran.


Dengan formulasi platform excel yang lebih mudah untuk digunakan, anda hanya perlu menginput angka-angka untuk kemudian prosesnya akan dilakukan secara otomatis oleh software keuangan excel itu sendiri.



Format Pembukuan Keuangan Sederhana untuk Usaha Kecil

cara membuat pemnbukuan keuangan usaha kecil

Untuk laporan keuangan usaha kecil menengah, formatnya sendiri dimuat dalam bentuk buku kas. Sementara untuk buku kasnya sendiri terbagi ke dalam dua kategori yaitu, debet dan kredit.


Transaksi yang termasuk ke dalam kategori debet yaitu saldo, penjualan gudang, dan pengembalian pinjaman. Sedangkan transaksi yang masuk dalam kategori kredit terdiri dari pembayaran gaji dan pembayaran hutang cicilan dari bank.


Pada aplikasi pembukuan sederhana dan mudah digunakan berbasis excel ini, masing-masing kategori terdiri dari tiga kolom yang sama, yaitu; kolom tanggal, kolom rekening dan kolom jumlah.


Kolom tanggal tentu saja berisikan tanggal transaksi dilakukan. Sementara untuk kolom rekening dimaksudkan untuk menunjukkan transaksi apa yang terjadi.


Lalu yang terakhir adalah kolom jumlah yang berisi besarnya jumlah aliran uang yang masuk atau mengalir, baik ke dalam perusahaan, mau pun ke luar perusahaan.



Bagaimana Aplikasi Akuntansi Excel Mempermudah Proses Pembukuan Laporan Hingga 90%?


cara membuat pembukuan keuangan usaha kecil

Dalam proses pembukuan keuangan, pada umumnya akan mengalami banyak kendala. Kendala ini misalnya adalah adanya data yang hilang, terlalu banyaknya data, atau bahkan tercampurnya satu data dengan data yang lain.


Berbagai kendala ini membuat proses pembukuan menjadi sangat sulit apabila dilakukan dengan cara manual. Selain itu, proses pembukuan keuangan dengan cara manual juga sangat boros waktu dan tenaga.


Solusinya kemudian adalah dengan mempekerjakan seseorang yang memang ahli dalam bidang ini. Dan untuk itu tentu saja, bayaran yang dibutuhkan akan tinggi.


Atas dasar inilah kemudian, aplikasi akuntansi berbasis excel hadir sebagai solusi yang paling ideal untuk Anda.


Aplikasi software pembukuan sederhana ini akan sangat membantu dalam pembukuan yang Anda butuhkan.


Di samping itu, aplikasi ini juga akan mampu mengefesienkan waktu dan biaya yang Anda keluarkan bahkan hingga 90%.



Berbagai Kelebihan Aplikasi Akuntansi Excel (AccEx)



Dengan segala kemudahan, efektivitas, dan juga efisiensi aplikasi membuat jenis-jenis laporan keuangan usaha kecil menggunakan aplikasi AccEx, maka sofware ini setidaknya memberi anda beragam keistimewaan.


Beberapa keistimewaan yang paling penting misalnya adalah sebagai berikut;


Sangat Mudah Dipraktikkan


cara membuat pembukuan keuangan usaha kecil

Hanya dengan mengamati dan mempelajari video tutorial yang sudah disediakan, dengan mudah anda akan langsung bisa menggunakan aplikasi tersebut.


Berbagai instruksi dan penggunaan yang disediakan, dimuat secara ringkas, sederhana, dan juga sangat gampang untuk dimengerti.



Lisensi Berlaku Seumur Hidup

Aplikasi akuntansi excel dengan model pengoperasian seperti membuat contoh laporan keuangan sederhana toko kecil dan menengah dengan contoh di atas, penggunaanya tidak memiliki batas waktu.


Hal ini tentu saja dapat membantu anda dalam menghemat pengeluaran terkait lisensi aplikasi. Dan tentu saja pada prosesnya dapat pula meningkatkan nilai efisiensi operasional usaha yang anda miliki.



Harga Aplikasi yang Lebih Terjangkau

Dibandingkan produksi akuntansi sejenis, software akuntansi siap pakai dari AccEx dan programexcel.id tentu saja lebih hemat dari sisi harga.


Hanya dengan mengeluarkan sedikit investasi, Anda dapat melakukan penghematan yang banyak untuk usaha anda.



Dapat Dioperasikan di Berbagai Komputer

Keistimewaan selanjutnya dari aplikasi akuntansi siap pakai berbasis excel yang dimiliki oleh programexcel.id adalah bisa digunakan di berbagai jenis komputer.


Karena platform-nya adalah excel yang sudah sangat familiar, maka anda bisa menempatkan program ini pada berbagai komputer yang anda miliki.



Dapat Dimodifikasi Sesuai Kebutuhan


Nama akun, angka-angka, jumlah kolom, dan lain sebagainya dalam akuntansi excel siap pakai dari programexcel.id dapat anda ubah sesuai dengan kebutuhan yang anda miliki.


Proses modifikasi aplikasi ini pun dapat dengan mudah anda lakukan karena sistem pengoperasiannya sendiri berbasis excel yang tentunya sudah akrab dengan keseharian anda.



Memiliki Mode Trial Gratis


cara membuat pembukuan keuangan usaha kecil

Seperti beberapa gambar dan contoh yang telah diuraikan sebelumnya, anda juga bisa membuat contoh laporan keuangan usaha kue, warung bakso, dan lain sebagainya menggunakan software ini.


Dan untuk memperkenalkan anda dengan program sistematis ini, ada masa trial gratis selama satu pekan yang aplikasinya sudah anda download pada awal awal artikel ini tadi.



Untuk Siapakah Aplikasi Akuntansi Siap Pakai ini?

Dengan segala kebutuhan akan penghitungan yang akurat, cermat, mudah serta cepat, maka software akuntansi siap pakai ini tentu saja dibutuhkan oleh banyak orang. Beberapa profesi yang sangat membutuhkan software istimewa seperti ini misalnya adalah;

  1. Karyawan accounting

  2. Pengusaha kecil dan menengah

  3. UKM dan UMKM

  4. Bisnis online

  5. Usaha Perorangan

  6. Bisnis dan usaha pada bidang jasa, dagang, manufaktur sederhana, dan lain sebagainya.

  7. Apa pun jenis bisnis yang membutuhkan perhitungan keuangan yang teliti dan rapi, pada dasarnya membutuhkan software dan aplikasi akuntansi excel siap pakai seperti ini.



Bagaimana Cara Mendapatkan Software Akuntansi Siap Pakai?

DAPATKAN APLIKASI AKUNTANSI EXCEL UNTUK MEMBUAT LAPORAN KEUANGAN OTOMATIS


Untuk mendapatkan aplikasi ini, caranya sangat mudah sekali. Supaya lebih sederhana mengenai prosesnya, anda bisa juga mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Kunjungi website aplikasiakuntansiexcel.com . Setelah website tersebut dibuka, akan muncul berbagai keunggulan menggunakan aplikasi ini yang tentunya dapat anda baca satu-persatu.

  2. Selanjutnya anda juga bisa membuka video tutorial step by step penggunaan aplikasi ini. Atau anda juga dapat menambah pengetahuan dan keterampilan anda dalam membuat laporan keuangan dengan membaca e-book yang juga telah disediakan secara free.

  3. Download dan install aplikasi akuntansi excel ini di komputer anda.

  4. Dapatkan peluang untuk memiliki 9 bonus aplikasi akuntansi super canggih untuk membuat pekerjaan penghitungan anda semakin mudah dilakukan.

Nah, itu adalah contoh dan cara membuat laporan keuangan usaha kecil menggunakan software atau aplikasi akuntansi excel siap pakai yang sangat mudah dioperasikan. Untuk lebih lengkapnya, anda bisa mengunjungi aplikasiakuntansiexcel.com/akuntansi-jasa atau aplikasiakuntansiexcel.com/akuntansi-dagang dan mendapatkan informasi yang lebih komprehensif di sana.

Sukses selalu dan semoga hari Anda menyenangkan!


10 views0 comments