top of page

DOWNLOAD GRATIS SOFTWARE AKUNTANSI SEDERHANA DISINI

Diperbarui: 16 Apr 2021


Akuntansi atau accounting adalah sebuah kegiatan mencatat, mengolah, mendata dan menghitung sesuatu yang berhubungan dengan keuangan. Secara khusus, aktivitas akuntansi dilakukan oleh semua jenis perusahaan dan unit usaha.


Apakah itu perusahaan besar atau perusahaan kecil semacam UKM dan UMKM, aktivitas akuntansi adalah hal dasar yang tidak dapat diabaikan.


Akan tetapi problem yang kerap kali timbul terkait proses akuntansi adalah adanya kesulitan mengaplikasikan prosedur pencatatan akuntansi yang tepat dan ideal, khususnya pada perusahaan-perusahaan menengah dan skala kecil.


Sementara pada perusahaan dengan kapital yang lebih besar, akuntansi tentu saja tidak menjadi masalah karena kemampuan mereka untuk membayar para akuntan terbaik dengan biaya yang tinggi.


Lantas, bagaimana mengatasi problem akuntansi yang dihadapi oleh perusahaan menengah atau usaha kecil seperti UMKM? Adakah solusi paling ideal untuk mewujudkan tertib pembukuan keuangan bagi sebuah bisnis kecil?







Atasi Problem Akuntansi Usaha dengan Download Gratis Software Akuntansi Sederhana

Untuk mempekerjakan seorang ahli akuntansi profesional, tentu saja biayanya sangat tinggi. Sedangkan tugas menangani keuangan perusahaan adalah sebuah tugas penting yang seringkali menjadi kunci dapur bagi kesehatan perusahaan itu sendiri.


Tidak mengherankan mengapa untuk tugas ini, memang dibutuhkan seseorang yang sungguh-sungguh terampil dan berpengalaman mengenai pembukuan keuangan.


Jika akuntan berbiaya tinggi adalah hal biasa bagi perusahaan besar, maka untuk perusahaan UMKM atau menengah sekali pun, hal itu bisa saja menjadi masalah.


Meski bagaimana pun pentingnya pencatatan keuangan bagi sebuah usaha, namun efisiensi dalam hal ini juga tetap menjadi prioritas.


Lalu, bagaimana solusinya?


Solusi yang paling ideal untuk permasalahan ini adalah dengan menggunakan software akuntansi siap pakai dan telah teruji keandalannya.


Dengan software akuntansi otomatis, hasil pengolahan data keuangan perusahaan tidak akan kalah dengan hasil pekerjaan seorang profesional sekali pun.



Keunggulan Menggunakan Software Akuntansi Siap Pakai



Sebagai sebuah software akuntansi yang populer dan terpercaya oleh banyak perusahaan, aplikasi laporan keuangan excel yang otomatis tentu saja memiliki banyak keistimewaan yang membuatnya menjadi pilihan lebih baik daripada akuntansi yang dikerjakan dengan cara manual.


Beberapa kelebihan yang paling signifikan dari Software akuntansi Excel adalah sebagai berikut:


  1. Aplikasi neraca keuangan ini memiliki harga yang lebih murah.

  2. Aplikasi pembukuan untuk PC ini dapat dioperasikan pada banyak komputer tanpa harus membeli biaya license

  3. Aplikasi keuangan excel ini adalah investasi seumur hidup yang penggunaannya tidak dibatasi oleh jangka waktu atau masa

  4. Buku pembukuan excel menggunakan sistem operasional yang lebih sederhana sehingga ideal untuk usaha kecil dan menengah (UKM dan UMKM).

  5. Laporan keuangan excel lengkap ini dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

  6. Pembukuan keuangan dengan excel ini dilengkapi dengan video tutorial penggunaannya secara step by step.

  7. Program akuntansi excel menyediakan trial version yang 100% GRATIS untuk Anda download



Tampilan yang Interaktif dari Software Akuntansi Excel


Sekarang mari kita bahas seperti apakah Software Akuntansi Excel itu? Untuk mengenal lebih detail tentang program keuangan dengan excel ini maka lebih baik kita melihat tampilan-tampilan menu dari program pembukuan di bawah ini.


Kita mulai dari tampilan menu HOME. Berikut ini adalah gambar dari semua menu yang tersedia pada software akuntansi offline ini. Anda bisa klik masing-masing menu untuk menuju ke halaman menu tersebut secara otomatis.



Kemudian sekarang kita beralih ke kode akun. Keadaan ini sering disebut juga sebagai CoA atau Chart of Account. Chart of Account berfungsi sebagai daftar bagian akun perusahaan yang sering digunakan dalam melakukan identifikasi proses pencatatan transaksi baik pemasukan maupun pengeluaran.


Chart of Account dibuat untuk menampilkan laporan keuangan neraca dan laba rugi. Berikut ini adalah contoh gambar dari Chart of Account yang ada di software pembukuan full version.



Setelah Chart of Account sudah diisi lengkap maka langkah berikutnya adalah membuka tabel jurnal umum untuk menginput transaksi usaha Anda. Pada tabel jurnal umum isilah semua transaksi yang ada dan lengkapilah setiap kolom kolom yang tersedia.


Cara mengisi tabel jurnal umum cukup mudah karena Anda tinggal mengikuti petunjuknya yang telah disediakan. Kode CoA tidak perlu Anda tulis manual karena Anda hanya cukup memilih dari dropdown list yang telah disediakan.


Untuk lebih jelasnya silakan lihat contoh jurnal umum yang ada pada template excel jurnal umum di bawah ini.



Setelah tabel jurnal umum sudah Anda isi dengan lengkap maka saatnya beralih untuk melihat tabel buku besar. Pada tabel buku besar ini semua perhitungan sudah otomatis 100% tanpa harus ada input manual lagi.


Anda hanya cukup mengganti ganti kode akun pada kolom yang paling atas melalui dropdown list maka secara otomatis semua mutasi pada Akun tersebut akan muncul.


Jika di kemudian waktu ada penambahan transaksi pada jurnal umum maka buku besar ini akan update dengan sendirinya.


Buku besar excel otomatis ini sangat berguna untuk perusahaan anda yang tentunya ingin mengetahui informasi mutasi setiap akun yang ada pada ada chart of account.


Berikut ini adalah contoh dari buku besar akuntansi excel yang ada pada aplikasi pembuat jurnal akuntansi. Silakan di perhatikan.



Jika ada akun baru yang Anda input pada kode akun atau chart of account, maka secara otomatis buku besar ini akan menampilkan akun baru tersebut tanpa Anda harus membuat buku besar yang baru.


Jadi Anda tidak perlu pusing lagi atau khawatir lupa untuk membuat manual buku besar karena semuanya sudah otomatis.



Kemudian sekarang kita beralih ke fitur buku besar pembantu utang piutang. Pada buku besar pembantu ini kita akan fokus untuk menampilkan informasi setiap hutang pada supplier dan informasi piutang pada customer atau pelanggan.


Buku besar pembantu hutang piutang ini sangat diperlukan untuk perusahaan yang mempunyai banyak transaksi utang dan transaksi piutang. Susunan buku besar pembantu utang piutang ini tidak berbeda jauh dengan buku besar pada umumnya.


Buku besar pembantu ini memerlukan bukti-bukti berupa faktur penjualan, bukti penerimaan kas atau bank sebagai tanda terima dari tagihan atau piutang. Perhatikan contoh tampilan buku besar pembantu utang piutang pada aplikasi pembukuan lengkap excel di bawah ini.



Pada buku piutang excel ini juga tersedia tabel laporan piutang yang merangkum semua jumlah piutang dari nama-nama customer atau pelanggan perusahaan Anda.


Tabel laporan piutang ini sepenuhnya otomatis terisi dan update otomatis juga ketika ada pembayaran tagihan dari customer atau ada penambahan piutang. Silakan lihat tabel laporan piutang di bawah ini yang ada pada aplikasi laporan keuangan lengkap.



Selanjutnya setelah kita bahas tabel laporan piutang maka kita akan membahas tabel laporan hutang. Tabel laporan hutang ini hampir sama dengan tabel laporan piutang yang ada di atas.


Bedanya adalah tabel diatas adalah kumpulan nama-nama customer sedangkan tabel laporan hutang ini adalah kumpulan nama-nama supplier tempat di mana perusahaan melakukan transaksi utang.


Tabel laporan hutang Ini sepenuhnya otomatis dan bisa update secara real-time. Untuk lebih jelasnya silakan lihat contoh tabel laporan hutang yang ada pada aplikasi pembelian dan penjualan format excel di bawah ini.



Terakhir kita akan membahas fitur arus kas. Arus kas pada informasi keuangan untuk perusahaan adalah suatu hal yang sangat penting.


Arus kas dibuat dengan tujuan untuk memberikan informasi historis mengenai perubahan kas dan setara kas suatu entitas pelaporan dengan mengklarifikasi arus kas berdasarkan aktivitas operasi investasi pendanaan selama periode tertentu.


Pembuatan arus kas juga berfungsi sebagai informasi mengenai sumber penggunaan perubahan kas dan setara kas pada periode itu.


Membuat arus kas ada dua metode yaitu metode langsung dan metode tidak langsung. Untuk contoh gambar arus kas bisa Anda lihat melalui tabel di bawah ini yang ada pada aplikasi sederhana akuntansi.



Semua fitur-fitur diatas bisa Anda dapatkan dengan mudah hanya dengan mendownload program ini melalui link dibawah ini.


Selain itu Anda juga bisa mendapatkan 16 bonus aplikasi bisnis berbasis excel yang bisa Anda gunakan seumur hidup tanpa berbatas waktu.


Jika Anda masih bingung bagaimana cara menggunakan aplikasi excel keuangan perusahaan, maka Anda tinggal simak video tutorial nya step by step dari awal input transaksi hingga menjadi laporan keuangan otomatis yang ada pada link di bawah ini juga.


Kalau begitu tunggu apa lagi? Yuk klik link di bawah dan Coba Gratis Program Akuntansi Excel Siap Pakai sekarang juga untuk merasakan kemudahannya!








1.313 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page