CONTOH FORMAT PEMBUKUAN SEDERHANA PERUSAHAAN MENGGUNAKAN APLIKASI AKUNTANSI EXCEL

Updated: Apr 5



Melakukan pembukuan keuangan untuk setiap usaha merupakan suatu hal yang penting. Pembukuan keuangan tidak harus dimulai jika perusahaannya sudah besar lebih baik pembukaan dilakukan sejak usaha itu berdiri. Ini adalah alasan-alasan kuat yang membuat pembukuan keuangan itu penting.



Informasi Untung Rugi Perusahaan


Pembukuan yang rapi akan menghasilkan laporan keuangan yang informatif. Salah satunya yaitu laporan laba rugi, dengan adanya laporan laba rugi dapat membantu Anda untuk mengetahui apakah kegiatan usaha tersebut menghasilkan atau tidak.



Evaluasi Kinerja Bisnis


Evaluasi kinerja bisnis dapat dilakukan secara tepat menggunakan data yang tersaji di laporan keuangan. Evaluasi ini sangat berguna untuk mengambil langkah strategis usaha kedepannya.



Informasi Untuk Mengambil Keputusan Strategis


Pembukuan yang rapi dan lengkap menghadirkan informasi akurat dari data-data transaksi usaha yang dilakukan pada waktu sebelumnya.


Data-data yang ada dari hasil pembukuan tersebut bisa dijadikan tolak ukur dan patokan untuk rencana pembelian barang, anggaran belanja iklan, anggaran belanja perlengkapan untuk operasional, anggaran gaji karyawan dan lain sebagainya.


Mengingat pentingnya pembukuan keuangan yang telah disebutkan di atas maka ada baiknya jika Anda mulai merapikan pembukuan keuangan usaha Anda dari sekarang.




PEMBUKUAN KEUANGAN PERUSAHAAN MENGGUNAKAN PROGRAM AKUNTANSI EXCEL



Berikut ini akan kita bahas contoh dan cara pembukuan perusahaan menggunakan Program Akuntansi Excel. Mengapa memakai Program Akuntansi Excel siap pakai?


Karena dengan menggunakan aplikasi laporan keuangan excel akan sangat memudahkan kita untuk melakukan pembukuan otomatis. Anda hanya cukup input data transaksi usaha ke jurnal umum, maka selanjutnya buku besar akan muncul otomatis dan laporan keuangan juga otomatis tersaji real time.


Pada bagian awal format laporan keuangan excel Anda akan disuguhkan oleh tampilan menu-menu yang merupakan fitur dari pembukuan sederhana excel. Masing-masing menu mempunyai kegunaan yang berbeda. Anda dapat memakai sebagian menu tersebut atau bahkan anda bisa memakai semua menu tersebut untuk diaplikasikan di kegiatan keuangan usaha Anda.


Selain tampilan menu juga ditampilkan tanggal awal periode sampai dengan akhir periode akuntansi yang berjalan. Periode akuntansinya bisa bulanan, 3 bulanan 6 bulanan atau bahkan tahunan. Berikut ini adalah contoh dari excel laporan keuangan perusahaan.



Berikut ini adalah tampilan daftar kode akun atau CoA (Chart of Account) pada aplikasi laporan keuangan excel. Pada tabel ini Anda input semua kode akun / kode perkiraan dan nama perkiraan yang berlaku di perusahaan Anda.


Tabel kode akun ini terdiri dari kolom kode akun, kolom nama akun, kolam pos saldo dan pos laporan, kolom saldo awal yang terbagi debit kredit. Saldo awal antara debet dan kredit harus balance atau seimbang.



Setelah tabel kode akun sudah lengkap terisi, maka selanjutnya Anda bisa beralih ke jurnal umum. Tabel jurnal umum berfungsi untuk menginput semua transaksi usaha baik itu keluar masuk kas, pembelian, penjualan, maupun biaya-biaya usaha lainnya.


Kode akun pada jurnal umum tinggal Anda pilih sesuai dengan jenis transaksinya melalui dropdown list seperti tampilan program akuntansi excel di bawah ini.



Jika transaksinya menyangkut hutang atau piutang usaha, maka Anda bisa mengisi kolom nama supplier dan customer yang bersangkutan.


Di jurnal umum ini juga tersedia kolom pengisian jatuh tempo pembayaran yang bisa Anda isi sesuai invoice hutang atau piutang nya. Kolom paling kanan adalah kolom jumlah nominal debit kredit.


Jumlah debit kredit harus sama atau balance. Kalau belum balance laporan keuangannya sudah bisa dipastikan salah. Perhatikan gambar format excel laporan keuangan di bawah ini.



Berikut ini adalah tampilan jurnal umum yang sudah terisi penuh dengan transaksi usaha sebagai contoh untuk Anda dari pembukuan perusahaan menggunakan download laporan keuangan excel.



Setelah tabel jurnal umum berisi lengkap, maka selanjutnya Anda bisa beralih ke tabel buku besar. Buku besar pada aplikasi jurnal akuntansi ini 100% otomatis tidak perlu ada input manual lagi dari Anda.


Anda hanya cukup mengganti ganti kode akun sesuai kebutuhan Anda. Maka mutasi dari Akun tersebut akan muncul otomatis. Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh buku besar dari laporan keuangan excel di bawah ini.



Tabel buku besar ini terdiri dari kolom nomor, tanggal, nomor bukti, keterangan transaksi, kolom debit kredit dan saldo.


Pada bagian atas juga ada dapat informasi lengkap untuk satu akun yang dipilih yaitu saldo awal, jumlah transaksi di debet, jumlah transaksi di kredit dan saldo akhir akun tersebut. Lebih jelasnya silakan download buku besar excel seperti di bawah ini.



Kemudian sekarang kita beralih ke neraca lajur. Sama seperti halnya buku besar, neraca lajur 100% otomatis setelah jurnal umum lengkap terisi. Neraca lajur menampilkan semua nama-nama akun yang ada di sheet kode akun.

Neraca lajur terdiri dari kolom kode akun, nama akun, pos saldo, neraca saldo, ayat jurnal penyesuaian, neraca saldo disesuaikan, laporan laba rugi dan neraca. Perhatikan contoh neraca lajur pada aplikasi keuangan excel dibawah ini.



Sekarang kita akan membahas laporan laba rugi. Laba rugi berfungsi untuk mengukur keuntungan atau kerugian suatu perusahaan dalam periode waktu tertentu.


Laba rugi juga berguna untuk memberikan informasi tentang berapa banyak pajak yang harus dibayarkan.


Laporan ini juga berfungsi untuk mengevaluasi sumber keuntungan yang paling besar dan sumber pengeluaran yang terbesar di perusahaan.


Unsur-unsur pada laporan laba rugi adalah pendapatan, kewajiban, keuntungan dan kerugian.


Berikut ini adalah contoh tampilan dari laporan laba rugi pada template excel laporan keuangan.


Neraca pada perusahaan adalah laporan keuangan yang didalamnya ada informasi mengenai aktiva lancar dan aktiva tetap kewajiban dan modal yang disetor.


Bentuk neraca ada dua macam yaitu bentuk stafel dan bentuk skontro. Keduanya memiliki bentuk yang berbeda namun kegunaannya tetap sama untuk laporan keuangan.


Contoh tampilan neraca staffel bisa Anda lihat pada gambar aplikasi laporan keuangan excel di bawah ini.



Untuk membuat laporan keuangan otomatis Anda membutuhkan aplikasi akuntansi excel. Cukup investasi 1x saja Anda bisa download format jurnal umum excel untuk membuat laporan keuangan usaha Anda.


Aplikasi keuangan akuntansi ini sangat menghemat waktu dan di pikiran Anda. Anda bisa bebas mengerjakan pembukuan rutin setiap harinya.


Sehingga Anda bisa menggunakan waktu Anda untuk menaikkan omset penjualan di perusahaan.


Anda juga berhak mendapatkan 16 bonus bisnis secara gratis berbasis excel, jika Anda membeli program ini.


Bonus ini bisa Anda gunakan untuk membantu kegiatan operasional perusahaan. Bisa dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan usaha dan tanpa batas waktu.


Berikut ini adalah salah satu tampilan dari 16 bonus program akuntansi excel yang telah menanti Anda.







DOWNLOAD FORMAT PEMBUKUAN SEDERHANA UNTUK LAPORAN KEUANGAN INSTANT!



10 views0 comments

ProgramExcel.ID

Jl. Manunggal Pratama No.8 Kelurahan Cipinang Melayu Kecamatan Makasar Jakarta Timur.

Jakarta - Indonesia, 13620.

Email : admin@programexcel.id

Call / WA : 0852 1355 6300

Tentang Kami

  • Facebook
  • Instagram
  • YouTube
This site was designed with the
.com
website builder. Create your website today.
Start Now