CARA MUDAH MEMBUAT PEMBUKUAN KEUANGAN

Updated: Apr 9


Pembukuan Keuangan

Pembukuan keuangan adalah suatu yang sangat diperlukan dan wajib bagi seluruh perusahaan.


Dapat diartikan yang dimaksud dengan pembukuan keuangan adalah kumpulan dari beberapa laporan-laporan keuangan baik perharian dan bulanan yang disatukan di dalam pembukuan keuangan.


Pembukuan keuangan disuatu perusahaan dagang atau perusahaan jasa dijadikan sebagai tolak ukur kondisi perusahaan tersebut, seperti kemajuan ataupun perkembangannya.


Karena itulah pekerjaan ini adalah sesuatu yang sangat berat karena harus mengatur, mendata, dan menghitung keuangan yang tidak sedikit.


Sebelum kita membahas cara membuat pembukuan keuangan mari kita bahas dulu manfaat dan fungsi membuat laporan keuangan untuk UMKM. Manfaat laporan keuangan untuk UMKM diataranya yaitu :

  1. Dapat mengetahui gambaran keuangan UMKM terkini

  2. Memberikan informasi mengenai keuangan perusahaan UMKM

  3. Laporan keuangan akan dijadikan syarat untuk mengajukan pinjaman atau investasi hingga laporan ke pemerintah

  4. Laporan keuangan dijadikan sebagai landasan untuk mengambil langkah strategis kebijakan UMKM.

  5. Fungsi laporan keuangan UMKM adalah historis pencatatan analisis instruksi informatif.


Berikut ini adalah jenis-jenis laporan keuangan pembukuan menurut SAK ETAP:

  1. Neraca

  2. laporan laba rugi

  3. laporan perubahan ekuitas

  4. Laporan arus kas

  5. Catatan atas laporan keuangan (CALK)


Untuk membuat pembukuan keuangan seperti yang sudah diuraikan di atas Anda harus mempersiapkan beberapa buku catatan transaksi usaha yaitu:

  1. Buku kas

  2. Buku persediaan barang

  3. buku pembelian barang

  4. Buku penjualan

  5. Buku biaya

  6. Buku piutang

  7. buku utang


Buku-buku transaksi di atas harus Anda persiapkan Jika Anda memilih untuk mencatat transaksi dengan pembukuan manual.


Lain halnya jika Anda menggunakan program pembukuan sederhana excel. Buku-buku tersebut tidak perlu Anda siapkan dan tidak perlu Anda isi secara manual.


Dengan hanya menggunakan download laporan keuangan pemasukan dan pengeluaran excel buku-buku tersebut dan laporan keuangan yang harus tersaji akan muncul otomatis.


Anda hanya cukup input semua transaksi usaha yang terjadi di program ini kemudian anda langsung mendapatkan laporan keuangan siap saji.


Untuk membantu Anda dalam membuat pembukuan keuangan, kini telah hadir Aplikasi Akuntansi Excel untuk membantu Anda dalam membuat laporan keuangan otomatis.


Anda hanya tinggal menginput semua data transaksi usaha ke dalam jurnal umum, maka otomatis buku besar dan laporan keuangan akan tersaji real time.




Tidak seperti software akuntansi excel lainnya, Aplikasi Akuntansi ini bisa di pakai untuk banyak komputer dan hanya cukup melakukan 1x pembelian bisa dipakai seterusnya tanpa batasan waktu.


Tersedia juga bonus-bonus program berbasis excel yang bisa Anda dapatkan gratis untuk menunjang bisnis Anda.


Sebelum Anda memutuskan untuk membelinya, Anda bisa mencoba versi trialnya terlebih dahulu hanya dengan klik tombol di bawah ini.


Anda bisa mempelajari dulu cara kerjanya dan menyimak video tutorialnya step by step dari awal hingga menjadi laporan keuangan otomatis.


Juga ada layanan konsultasi pasca beli, jadi Anda tidak perlu khawatir lagi jika nanti dalam penggunaannya mengalami kendala. Yuk, langsung saja klik disini.



RAHASIA MEMBUAT PEMBUKUAN KEUANGAN OTOMATIS

KLIK DISINI!


14 views0 comments