MUDAHKAN PERHITUNGAN LAPORAN AKUNTANSI ORGANISASI NIRLABA DENGAN APLIKASI AKUNTANSI EXCEL

Updated: Apr 3




PENGERTIAN ORGANISASI NIRLABA



Pada kesempatan kali ini mari kita bahas perhitungan laporan keuangan organisasi nirlaba.


Menurut PSAK nomor 45 organisasi nirlaba memperoleh sumber daya dari sumbangan para anggota dan dari penyumbang lainnya yang tidak mengharapkan imbalan apapun dari organisasi tersebut.


Definisi lain dari organisasi nirlaba adalah merupakan suatu organisasi sosial yang didirikan oleh perorangan atau sekelompok orang yang secara sukarela memberikan pelayanan kepada masyarakat umum tanpa bertujuan untuk memperoleh keuntungan atau laba dari kegiatannya.


Ciri-ciri dari organisasi nirlaba yaitu:

  1. Sumber dana utamanya yaitu berasal dari penyumbang sukarelawan yang tidak mengharapkan imbalan atau keuntungan apapun dari dana yang mereka berikan.

  2. Organisasi non profit yang mempunyai misi melayani kelompok orang tertentu dan konsumen tertentu.

  3. Organisasi nirlaba mampu menghasilkan barang atau jasa tanpa bertujuan untuk mencari keuntungan. Jika entitasnya menghasilkan laba maka nominalnya tidak akan pernah dibagikan kepada penyumbang dana.

  4. Pada organisasi nirlaba tidak ada kepemilikan yang jelas seperti pada perusahaan-perusahaan berorientasi keuntungan pada umumnya.

  5. Organisasi ini hanya cenderung berorientasi kepada pelayanan publik.


Contoh dari organisasi nirlaba yang ada di Indonesia yaitu Yayasan, Lembaga Gabungan atau Asosiasi dan Institut.


Organisasi nirlaba tidak bertujuan untuk mencari keuntungan namun dalam hal pengelolaan keuangan pada organisasi nonprofit tersebut tetaplah penting dan tidak boleh diremehkan.


Mengapa demikian, karena organisasi nirlaba memiliki pertanggungjawaban atas penggunaan dana, keluar-masuk dana yang dikelolanya. Hal ini untuk menjaga kepercayaan dari donatur, sebab dana-dana organisasi nirlaba berasal dari para donatur dan stakeholder bukan dari hasil penjualan barang dan jasa.


Nah untuk mengelola laporan keuangan organisasi nirlaba, Anda harus menggunakan program pencatatan pembukuan excel otomatis untuk mencatat semua transaksi dana donatur yang masuk, mencatat semua transaksi dana yang dikeluarkan untuk sumbangan-sumbangan kepada publik.


Oleh karena itu Anda membutuhkan program akuntansi untuk membuat laporan keuangan organisasi nirlaba. Berikut ini akan kita bahas cara membuat laporan keuangan organisasi nirlaba dengan menggunakan Program Akuntansi Excel.




CARA MEMBUAT LAPORAN AKUNTANSI OTOMATIS UNTUK ORGANISASI NIRLABA



Selanjutnya kita akan membahas cara membuat laporan keuangan organisasi nirlaba dengan menggunakan Program Akuntansi Excel.


Namun sebelum itu Anda harus memiliki dulu program ini untuk kemudian Anda gunakan. Untuk mendapatkan program ini silakan download program buku kas di bawah ini.


COBA GRATIS PROGRAM AKUNTANSI LAPORAN KEUANGAN UNTUK ORGANISASI NIRLABA




Mari kita mulai pembahasan cara membuat perhitungan laporan keuangan akuntansi organisasi nirlaba dengan program akuntansi excel. Kita mulai dari pertama yaitu sheet HOME.


Disini tempat Anda menulis nama organisasi nirlaba Anda, kemudian mengisi awal periode dan akhir periode akuntansi organisasi. Di sini juga ada tiga menu yaitu kode akun, jurnal dan buku besar. Untuk lebih jelasnya silakan lihat contoh gambar buku kas sederhana excel dibawah ini.



Kemudian sekarang kita beralih ke sheet kode akun. Tabel ini berisi semua kode akun dan nama akun atau biasa disebut juga dengan chart of account (CoA).


Kemudian diiringi dengan saldo awal debet dan kredit. Jumlah sisi debit dan sisi kredit harus sama.


Tabel kode akun ini silahkan Anda isi dan sesuaikan nama akun dan kode akun nya dengan organisasi nirlaba Anda yang sedang dijalani.


Masing-masing organisasi nirlaba memiliki kode akun dan nama akun yang sedikit berbeda antara satu dengan lainnya. Berikut ini adalah contoh software laporan keuangan excel.




Setelah kode akun dan nama akun sudah lengkap terisi, maka selanjutnya kita beralih ke jurnal.


Di tabel jurnal ini anda akan input semua transaksi penerimaan dana dari pendana atau stakeholder kemudian mencatat juga transaksi pengeluaran dana untuk melayani publik yang sudah direncanakan sebelumnya.


Tabel jurnal ini memiliki beberapa kolom di antaranya tanggal nomor bukti keterangan transaksi pos akun dan jumlah debit kredit.


Jumlah debit dan jumlah kredit harus sama atau balance. Kalau tidak sama maka sudah dipastikan input transaksinya salah. Berikut ini adalah contoh jurnal umum sederhana excel untuk membuat laporan keungan organisasi nirlaba pada format laporan keuangan dengan excel.




Setelah jurnal sudah Anda isi transaksinya dengan lengkap maka tahap selanjutnya adalah beralih ke buku besar akuntansi excel.


Buku besar ini adalah hasil dari olahan data transaksi yang Anda input. Buku besar sudah otomatis 100% tidak perlu ada input manual lagi oleh Anda.


Buku besar merangkum semua mutasi dari satu akun yang terangkum dalam debit kredit saldo awal dan saldo akhir setiap masing-masing akun.


Manfaat Buku Besar dalam pembukuan laporan keuangan organisasi nirlaba yaitu:

  1. Besar dapat menyediakan rekam jejak transaksi keuangan.

  2. Buku besar dapat menyederhanakan dan mempercepat pengembalian pajak.

  3. Karena pada program ini buku besarnya sudah otomatis maka tidak perlu ada pengecekan manual dan input manual lagi dari akuntan.

  4. Buku besar bisa menyajikan informasi laporan pendapatan dan biaya real pada organisasi nirlaba.

  5. Buku besar bisa menyeimbangkan setiap jenis laporan keuangan.

  6. Buku besar juga bisa menganalisis transaksi tidak biasa atau tidak normal pada pembukuan keuangan organisasi nirlaba Anda.

Berikut ini adalah tampilan buku besar otomatis pada program excel pembukuan akuntansi.




Nah, dari penjelasan diatas Anda bisa mulai memahami bagaimana cara membuat laporan akuntansi organisasi nirlaba.


Penjelasan diatas hanya sekilas dari cara-cara membuat laporan keuangan. Untuk lebih jelasnya Anda bisa simak video panduan tutorial di bawah ini dari software excel akuntansi.


Di dalam video ini sangat jelas di jabarkan langkah-langkahnya dari awal mulai input transaksi sampai menjadi laporan keuangan organisasi nirlaba. Silahkan disimak video di bawah ini.



Selain dapat membuat laporan akuntansi organisasi nirlaba otomatis Anda juga berhak mendapatkan 16 bonus program bisnis berbasis Excel yang bisa Anda gunakan selamanya dan bisa Anda modifikasi sesuai dengan kebutuhan organisasi Anda.


Bonus-bonus ini diantaranya adalah bonus invoice. Bonus-bonus ini dapat menunjang aktivitas organisasi nirlaba anda. Berikut ini adalah contoh tampilan bonus dari aplikasi pembukuan keuangan excel.





Pada Program excel ini juga tersedia varian lain untuk membuat laporan keuangan perusahaan. Ada program aplikasi akuntansi khusus untuk usaha jasa, program aplikasi akuntansi khusus untuk perusahaan perdagangan yang memiliki persediaan barang dagangan milik sendiri.


Ada juga program akuntansi khusus untuk usaha produksi atau usaha restoran. Dilengkapi dengan HPP produksi dan HPP penjualan otomatis. Dan semuanya itu akan mendapatkan 16 bonus aplikasi bisnis berbasis Excel secara gratis.


COBA GRATIS PROGRAM APLIKASI LAPORAN AKUNTANSI OTOMATIS SEKARANG!




157 views0 comments