CONTOH PEMBUKUAN KEUANGAN SEDERHANA USAHA KECIL

Updated: Apr 3



ARTI DARI PEMBUKUAN KEUANGAN


Arti dari Pembukuan menurut UU Nomor 28 Tahun 2007 Pasal 28 yaitu suatu proses pencatatan yang dilakukan secara teratur untuk mengumpulkan data dan informasi keuangan yang meliputi harta, kewajiban, modal, penghasilan dan biaya serta jumlah harga perolehan dan penyerahan barang atau jasa yang ditutup dengan menyusun laporan keuangan berupa neraca dan laporan laba rugi untuk periode tahun pajak tersebut.



MANFAAT PEMBUKUAN KEUANGAN BAGI BISNIS


Banyak manfaat yang bisa didapat dari membuat pembukuan bisnis bagi usaha Anda. Apa sajakah manfaat pembukuan bagi bisnis tersebut? Mari kita bahas berikut ini.


Dengan membuat pembukuan, sudah pasti Anda dapat mengetahui besarnya keuntungan atau kerugian perusahaan Anda. Karena pembukuan merekam setiap transaksi setiap harinya maka otomatis Anda mengetahui arus distribusi uang dan barang pada perusahaan.


Maka dari itu Anda dapat mengetahui estimasi keuntungan atau kerugian yang akan didapat. Dari angka-angka yang ada pada pembukuan tersebut, Anda bisa mengetahui bagaimana strategi dan langkah selanjutnya untuk mengembangkan bisnis Anda.


Dengan mengadakan pembukuan Anda bisa mengetahui setiap transaksi yang dilakukan oleh perusahaan. Dengan begini ada bisa mengontrol kegiatan keuangan perusahaan secara ketat dan terorganisir. Tidak ada kebocoran dana keluar dan tidak ada lagi dana masuk yang tidak masuk kas perusahaan.


Semuanya catatan teratur, jelas dan terkontrol dan dapat ditelusuri dengan mudah. Jumlah barang yang keluar dan masuk juga terkontrol dan tidak ada yang hilang. Hal ini tentu saja membuat pemilik usaha merasa nyaman.


Pembukuan sederhana bermanfaat juga sebagai bahan penilaian bisnis. Pembukuan menghasilkan laporan laba rugi dan laporan neraca.


Laporan keuangan ini bisa Anda gunakan untuk mencari dan menyusun strategi untuk mempertahankan dan meningkatkan kelangsungan bisnis Anda agar tetap terus memberikan keuntungan.



PENTINGNYA PEMBUKUAN LAPORAN KEUANGAN BAGI USAHA KECIL



Membuat pembukuan keuangan usaha kecil sangat penting. Berikut ini ada beberapa alasan mengapa pembukuan bagi usaha kecil sangat penting.


  1. Pembukaan dapat menjadi patokan untuk perencanaan strategi usaha kedepannya.

  2. Pembukuan bisa dijadikan sebagai alat penilaian suatu bisnis dengan melihat dari berapa banyak jumlah barang atau jasa yang terjual. Bisa juga dilihat dari jumlah uang masuk dan keluar.

  3. Pembukuan berguna untuk mengetahui jumlah transaksi di perusahaan pada periode tertentu. Dengan pembukaan yang rapi transaksi lebih terkontrol dan mudah dipantau.

  4. Pembukuan juga bisa dipakai untuk alat mengambil keputusan manajemen perusahaan. Manajemen perusahaan mengambil keputusan dari data-data laporan keuangan perusahaan yang bersumber dari pembukuan tersebut.

  5. Pembukaan bermanfaat untuk mengetahui jumlah keuntungan dan kerugian suatu usaha pada periode tertentu.

  6. Pembukuan juga berguna untuk mempermudah perhitungan pajak yang akan disetor.

  7. Pembukuan bermanfaat juga untuk mengetahui secara real-time modal aset utang piutang pendapatan dan biaya pada satu waktu.

  8. Yang terakhir adalah pembukuan berguna untuk mempermudah mendapat pinjaman dari bank.



PEMBUKUAN KEUANGAN SEDERHANA DENGAN EXCEL


Setelah kita membahas dan mengetahui arti pembukuan, manfaat dan pentingnya melakukan pencatatan pembukuan keuangan, maka selanjutnya kita akan membahas langkah-langkah dan cara-cara pembukuan keuangan sederhana dengan menggunakan aplikasi pembukuan keuangan Excel.


Melakukan pencatatan pembukuan perusahaan bisa dilakukan dengan cara manual dan bisa juga dilakukan dengan cara otomatis menggunakan aplikasi pembukuan atau program akuntansi.


Di sini kita tidak akan membahas pembukuan manual karena sangat merepotkan, namun kita akan bahas mengolah pembukuan dengan menggunakan program excel akuntansi untuk membuat laporan keuangan secara otomatis.


Mengapa menggunakan Excel? Karena dengan memakai aplikasi keuangan excel, Anda dapat memodifikasi tampilan program tersebut sesuai dengan kebutuhan usaha kecil Anda.


Untuk pertama kali, mari kita lihat keunggulan mengerjakan pembukuan keuangan menggunakan software aplikasi excel pembukuan sederhana ini. Berikut ini adalah buku besar otomatis yang merupakan bagian dari fitur software laporan keuangan.



Cara membuat pembukuan dengan menggunakan template akuntansi bisnis excel kita awali dengan mengisi kode akun serta nama akun pada sheet kode akun.


Setelah daftar kode akun diisi, Anda bisa beralih ke jurnal umum untuk input semua transaksinya.


Tabel jurnal umum ini gunanya untuk memasukkan semua transaksi keuangan perusahaan meliputi buku kas, buku bank, buku pembelian dan penjualan serta biaya-biaya lainnya.


Cara mengisi jurnal umum ini sangat mudah, Anda hanya cukup mengikuti keterangan dari kolom-kolom yang telah disediakan.


Kemudian pilihlah kode akun melalui dropdownlist yang cocok dari setiap transaksi yang terjadi. Perhatikan gambar jurnal umum excel download di bawah ini.



Waktu input transaksi di jurnal umum Anda bisa menambahkan nama customer yang mempunyai piutang atau nama supplier dari transaksi hutang yang terjadi.


Memilih nama supplier atau customer sangat mudah yaitu tinggal memilihnya dengan menggunakan menu drop down list. Perhatikan gambar jurnal umum pada format excel jurnal umum di bawah ini.



Setelah semua transaksi keuangan usaha telah diinput di jurnal umum maka tampilan jurnal umum menjadi seperti di bawah ini. Jurnal umum ini bisa memuat sampai ribuan baris dan bisa juga ditambah sesuai dengan kebutuhan transaksi usaha yang terjadi di perusahaan. Ini bisa terjadi karena jurnal umum memiliki rumus excel untuk akuntansi.



Setelah melakukan pengisian input transaksi maka buku besar dan laporan keuangan akan Anda dapatkan otomatis tanpa campur tangan Anda lagi.


Pada sheet buku besar semua kolomnya otomatis 100%. Anda hanya perlu mengganti-ganti kode akun sesuai dengan pilihan Anda kemudian otomatis akan langsung muncul mutasi debet-kredit saldo awal dan saldo akhirnya per masing-masing nama akun. Bisa langsung di print dan disajikan untuk laporan keuangan.


Berikut ini adalah contoh buku besar otomatis yang ada di format laporan keuangan sederhana excel.



Setiap penambahan kode akun dan nama akun pada pembukuan usaha, Anda tidak perlu membuat buku besar yang baru karena semua sudah otomatis.


Anda hanya perlu memilih nama akun yang ingin Anda lihat mutasinya, saldo awal dan saldo akhirnya. Perhatikan contoh buku besar otomatis pada buku pembukuan excel bawah ini.



Berikut ini adalah contoh tampilan buku besar otomatis untuk kode akun kas.



Berikut ini adalah contoh buku besar otomatis untuk akun pembelian barang. Informasi yang Anda dapatkan lengkap dan real time.



Berikut ini adalah contoh buku besar otomatis untuk akun penjualan barang dagangan. Anda dapat dengan mudah mendapatkan informasi penjualan yang terjadi secara otomatis pada program pembukuan penjualan di excel.



Berikut ini adalah contoh tampilan buku besar untuk akun piutang dagang. Disini Anda akan mendapatkan informasi tentang mutasi piutang yang perusahaan Anda miliki secara berurutan.



Selanjutnya adalah contoh tampilan buku besar otomatis untuk akun utang dagang. Seluruh mutasi debet kredit utang dagang pada perusahaan akan muncul di sini. Silahkan Anda perhatikan contoh buku besar utang dagang pada aplikasi pembukuan sederhana excel berikut ini.



Fitur selanjutnya yang tentunya sangat berguna untuk kegiatan usaha Anda adalah tabel buku besar utang piutang.


Tabel ini menyajikan informasi mutasi debet kredit piutang per customer dan utang per supplier.


Tabel ini tersaji 100% otomatis tanpa perlu Anda input manual. Anda hanya perlu dengan mudah mengganti-ganti nama customer untuk piutang dan nama supplier untuk hutang usaha.


Untuk lebih jelasnya silakan lihat gambar buku besar hutang piutang pada format buku besar akuntansi excel berikut ini.



Berikut ini adalah contoh tampilan buku besar utang piutang untuk piutang per customer.



Dan selanjutnya berikut ini adalah contoh tampilan buku besar utang piutang untuk hutang supplier.



Nah, baiklah dari pembahasan di atas kita dapat menyimpulkan bahwa membuat pembukuan keuangan sederhana usaha kecil sangat mudah dan terbantu dengan menggunakan program aplikasi akuntansi excel ini.


Karena program ini sangat simpel dan bisa membuat pembukuan keuangan menjadi otomatis tanpa harus input manual. Hal ini tentunya sangat menghemat waktu tenaga dan pikiran Anda.


Sehingga waktu dan pikiran Anda bisa digunakan untuk meningkatkan omset penjualan barang atau jasa pada perusahaan.


Dengan menggunakan rumus excel untuk laporan keuangan, pembukuan Anda juga akan terbebas dari human error yang bisa sangat terjadi karena kesalahan input data.


Software akuntansi dengan excel memiliki beberapa varian yang lengkap untuk dipilih sesuai dengan kebutuhan usaha Anda.


Untuk Anda yang bergerak di bidang pelayanan atau jasa bisa memilih program akuntansi jasa.


Untuk Anda yang bergerak di bidang perdagangan dan mempunyai stok barang dagangan milik sendiri Anda bisa memakai program akuntansi dagang.


Dan jika usaha Anda berkecimpung di bidang produksi atau industri barang Anda bisa memakai program akuntansi manufaktur.


Program akuntansi dagang dan akuntansi manufaktur sudah dilengkapi dengan perhitungan HPP otomatis.


Jadi Anda tidak perlu repot lagi memikirkan bagaimana menghitung HPP karena semuanya sudah di jalankan oleh sistem akuntansi excel. Berikut ini adalah pilihan untuk Anda dari program excel untuk akuntansi.


HEMAT WAKTU ANDA HINGGA 90% DENGAN DOWNLOAD COBA GRATIS PEMBUKUAN KEUANGAN USAHA SEDERHANA INI!




Jika Anda menggunakan program ini Anda berhak mendapatkan 16 bonus bisnis gratis berbasis excel yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan kinerja perusahaan Anda.


Berikut ini adalah contoh tampilan bonus yang bisa Anda dapatkan dari pembukuan keuangan menggunakan excel.







468 views0 comments